Tiga Manajer Investasi Jadi MI Terbaik dalam Bareksa-KONTAN Fund Awards 2021

Reporter: Hendrika Yunapritta
Senin, 25 Oktober 2021 | 22:34 WIB
Tiga Manajer Investasi Jadi MI Terbaik dalam Bareksa-KONTAN Fund Awards 2021

ILUSTRASI. KONTAN bersama platform investasi Bareksa menyelenggarakan Bareksa Kontan 5th Fund Awards 2021.

MOMSMONEY.ID -  JAKARTA. Tiga manajer investasi meraih penghargaan sebagai Manajer Investasi Terbaik versi Bareksa-KONTAN 5th Fund Awards 2021 yang diumumkan malam ini, Senin (25/10) secara virtual. 

Manajer Investasi terbaik tersebut, lolos dari semua kriteria yang ditetapkan juri. Mereka bagian dari 20 Manajer Investasi terbesar berdasar dana kelolaan yang dilaporkan di Otoritas Jasa Keuangan per Juni 2021. Produk-produk mereka, memiliki indikator evaluasi kinerja (sharpe ratio) positif, dan lebih tinggi daripada sharpe ratio acuan. Adapun benchmark untuk sharpe ratio ini beragam, sesuai jenis reksadananya. 

Lukas Setia Atmadja, salah satu juri, menjelaskan benchmark yang digunakan di antaranya IHSG, ICBI untuk reksadana pendapatan tetap konvensional, JII untuk reksadana saham syariah, dan ICBI untuk reksadana pendapatan tetap syariah. Selain itu, juri juga mencermati aspek GCG.

"Reksadana dan MI yang terkait masalah hukum dan etika selama periode penilaian, dikeluarkan dari penilaian," ujar Lukas. 

Baca Juga: Arisan Berlian dalam Jumlah Kecil Tidak Menguntungkan

Adapun untuk penilaian Manajer Investasi terbaik, Juri menghitung sharpe ratio dari semua produk reksadana sejenis yang mereka kelola, memakai metode weighted overage sharpe ratio. MI pemenang adalah mereka yang lolos semua kriteria dan punya weighted average sharpe ratio tertinggi. 

Tiga MI terbaik tersebut :

  • Syailendra Capital untuk reksadana pasar uang
  • Samuel Aset Manajemen untuk reksadana pendapatan tetap
  • Sucorinvest Asset Management untuk reksadana campuran dan reksadana saham 

Pemeringkatan reksadana, MI, dan penetapan Tokoh Reksadana tahun ini, merupakan tahun kelima penyelenggaraan Bareksa-Kontan Fund Awards 2021. Seperti tahun lalu, pengumuman dan penganugerahan penghargaan dilakukan secara virtual. 

“Kita tahu bahwa kondisi pandemi ini belum tahu kapan akan berakhir. Tapi rekan-rekan Kontan bersama Bareksa tetap menyiapkan penilaian terhadap reksadana-reksadana terbaik dengan penuh semangat. Hal ini merupakan satu wujud dukungan kami untuk perkembangan reksadana di tanah air,” ujar Ardian Taufik Gesuri, Pemimpin Redaksi KONTAN dalam sambutannya.

Baca Juga: Sama-Sama Bekerja Guna Meringankan Beban Sandwich Generation

Co-Founder & CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, mengucapkan selamat kepada para pemenang atas kinerja terbaik dan sumbangan mereka terhadap industri reksadana Tanah Air, terutama dalam hal pertumbuhan e-investment (investasi secara online).

“Selama beberapa tahun terakhir, kita menyaksikan pertumbuhan yang luar biasa dari e-investment di Indonesia. Kami ingin melaporkan bahwa Bareksa secara year on year membukukan lonjakan dana kelolaan hampir 100% per Oktober 2021, dan jumlah akun investor melonjak hampir 110% di periode yang sama,” ungkap Karaniya dalam kata sambutannya di acara pembukaan Bareksa-Kontan 5th Fund Awards 2021. 

Adapun dewan juri Bareksa-Kontan 5th Fund Awards 2021 yakni Lukas Setia Atmadja, Ph.D. (Universitas Prasetiya Mulya), Mas Achmad Daniri (Direktur Utama BEI Periode 1999-2002, yang juga tokoh Indonesia Institute for Public Governance), dan Ardian Taufik Gesuri (Pemimpin Redaksi Kontan).

Pemeringkatan reksadana ini bertujuan memberikan panduan belanja reksadana pada masyarakat. Selain memilah reksadana yang berkinerja baik, seyogyanya konsumen juga memilih pengelola dana yang amanah. Pasalnya, tak cuma dinilai dari kinerja, pengelola dan produksi reksadana juga dinilai dari good corporate governance. 

“Prinsip GCG ini diukur berdasarkan reputasinya di industri reksadana, menyampaikan prospektus dan fund fact sheet di website perusahaan maupun agen penjual secara reguler, serta menginformasikan 10 aset terbesar dalam produk reksadananya,” ujar Lukas. 

Selanjutnya: Tips Memilih KPR yang Aman Bagi Keuangan Jangka Panjang

 

Editor: Hendrika
Terbaru