HOME, Keluarga

Mudah Kotor, Ini Area di Dapur yang Harus Rutin Dibersihkan!

Mudah Kotor, Ini Area di Dapur yang Harus Rutin Dibersihkan!

MOMSMONEY.ID - Sebagai ruangan yang selalu berurusan dengan berbagai bahan makanan setiap hari, wajar jika kita menganggap dapur adalah ruangan yang cukup kotor di rumah.

Memang, dapur kerap identik dengan hal-hal yang kotor, seperti sampah makanan dan piring bekas yang belum dicuci. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa area di dapur yang justru lebih kotor daripada kelihatannya?

Jika dibiarkan, area-area tersebut dapat menjadi sumber penyebaran kuman dan penyakit yang membahayakan kesehatan Anda. Oleh karena itu, yuk kenali area mana saja di dapur yang mudah kotor dan perlu dibersihkan secara rutin!

Baca Juga: 6 Bahan Dapur yang Ampuh Membersihkan Rumah

Spons dan kain lap

Karena digunakan untuk mencuci dan mengelap piring kotor, tak heran dua benda yang satu ini penuh dengan kotoran dan bakteri. Dikutip dari Epicurious, sekitar 75% spons dan kain lap dapat mengandung bakteri salmonella dan E. coli yang dapat mengganggu pencernaan. Oleh karena itu, ganti spons dan cuci kain lap secara rutin untuk mengurangi risiko penyebaran bakteri.

Wastafel

Walaupun area yang satu ini sering terkena sabun dan air, faktanya wastafel kerap dipenuhi kotoran dan bakteri yang tak kasat mata, lo. Sama seperti spons dan kain lap, banyak bakteri seperti salmonella dan E. coli yang kerap ditemukan di permukaan wastafel. Supaya terbebas dari bakteri, bersihkan wastafel secara menyeluruh dan tambahkan cairan disinfektan secara rutin.

Kulkas

Melansir The Spruce, kulkas bisa menjadi sumber kontaminasi silang dan penyebaran bakteri bila makanan di dalamnya disimpan sembarangan dan kulkas jarang dibersihkan. Jadi, pastikan Anda mengeluarkan rak kulkas dan membersihkannya sebulan sekali untuk mencegah penumpukan bakteri dan kotoran.

Baca Juga: Awas, Jangan Gunakan Cuka untuk Membersihkan Benda-Benda Ini!

Meja dapur

Karena sebagian besar aktivitas dapur dilakukan di atas meja dapur, area yang satu ini rentan kotor dan terkontaminasi oleh banyak bakteri. Untuk membasmi bakteri tersebut, bersihkan meja dapur seperti biasa dan tambahkan disinfektan bila diperlukan. Hindari menggunakan spons atau kain bekas pakai sehingga bakteri tidak kembali ke atas permukaan meja.

Kenop, pegangan, dan panel sentuh

Selain meja dapur, bagian lainnya yang kerap disentuh di dapur adalah kenop, pegangan, atau panel sentuh yang biasanya terdapat di kompor, kulkas, kabinet, hingga microwave. Bersihkan area ini secara rutin supaya tidak menjadi sumber penyebaran bakteri dan kuman.

Baca Juga: Tak Jadi Sumber Penyakit, Ini Cara Menjaga Kebersihan Kamar Mandi di Rumah

Elektronik dapur

Dilansir dari The Seattle Times, elektronik dapur seperti coffee maker dan blender yang tidak dibersihkan dengan baik bisa menjadi sumber pertumbuhan bakteri yang merugikan. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan dan mengeringkan setiap komponen elektronik dapur dengan baik, terutama bagian yang digunakan untuk mengolah makanan seperti teko coffee maker atau gelas blender.

Talenan

Selain kulkas, talenan juga rentan menjadi tempat terjadinya kontaminasi silang, terutama jika Anda menggunakan talenan yang sama untuk memotong daging dan sayuran. Sebaiknya, gunakan dua talenan yang berbeda untuk daging dan sayuran, lalu bersihkan keduanya setelah selesai digunakan dan lap dengan tisu atau kain lap bersih sehingga bersih sempurna.

Itulah beberapa area di dapur yang rentan kotor dan perlu dibersihkan secara rutin. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News