Santai

Mudah, Ini 4 Cara Alami Tingkatkan Hormon Serotonin biar Tidak Stres

Mudah, Ini 4 Cara Alami Tingkatkan Hormon Serotonin biar Tidak Stres

MOMSMONEY.ID - Bisa bantu menekan stres, coba beberapa cara untuk meningkatkan serotonin berikut ini, yuk.

Salah satu hormon yang berperan penting bagi tubuh adalah serotonin. Hormon ini berguna untuk menekan dan meredakan stres, terutama yang sering terjadi di bulan puasa ini.

Serotonin memiliki fungsi untuk menciptakan suasana dan perasaan senang pada pikiran.

Ketika hormon ini rendah maka sebenarnya hormon ini dapat ditingkatkan. Tak perlu obat, serotonin dapat ditingkatkan dengan secara alami dengan cara berikut:

Baca Juga: Setelah Olahraga Boleh Langsung Mandi? Berikut 3 Tips Mandi Habis Olahraga

Olahraga

Secara umum, olahraga bisa membantu menurunkan stres. Gerakan yang ditimbulkan oleh otot-otot saat berolah raga akan menghasilkan tryptophan, yang nantinya akan diubah tubuh menjadi serotonin.

Laman Health Line menyebutkan, tryptophan dalam tubuh yang telah diubah menjadi serotonin akan menekan jumlah amino acid dalam tubuh. Sehingga, tryptophan akan lebih mudah untuk mencapai otak.

Cahaya Matahari

Serotonin akan lebih mudah mengalami penurunan pada musim dingin, di mana tingkat pancaran sinar Matahari mengalami penurunan. Dengan berjemur, maka tingkat serotonin pada tubuh bisa meningkat.

Luang kan waktu 10-15 menit dalam sehari untuk berjemur atau melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini akan membantu kulit untuk meregenerasi dan menghasilkan serotonin. Anda bisa berolah raga atau sekadar berjemur di luar ruangan.

Baca Juga: 4 Manfaat Oral Seks bagi Kesehatan, Tak Hanya Bisa Redakan Stres lo

Pola makan

Makanan yang Anda konsumsi ternyata juga menjadi salah satu sumber serotonin. Makanan-makanan yang mengandung tryptophan ini nantinya akan diubah menjadi serotonin.

Makanan seperti kedelai, ayam, salmon, telur, sayur bayam, kacang-kacangan adalah makanan yang memiliki banyak sumber tryptophan. Mengonsumsinya dalam menu makan sehari-hari tentunya bisa membantu kadar serotonin meningkat serta menekan stres.

Pijat

Terapi pijat bisa membantu meningkatkan serotonin dan dopamin pada tubuh. Pijat juga mampu membantu menurunkan kortisol, yaitu zat yang menyebabkan stres.

Selain itu, laman Very Well Mind menjelaskan, dengan rutin melakukan terapi spa atau pijat, maka tubuh dan pikiran akan terasa lebih rileks dan tingkat stres dapat menurun.

Cobalah meluangkan waktu dengan pergi ke salon atau tempat pijat untuk mendapatkan terapi pijat yang menenangkan.

Itulah tadi beberapa cara mudah dan alami yang bisa dicoba untuk meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh. Dijamin anti stres, deh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News