Santai

Setelah Olahraga Boleh Langsung Mandi? Berikut 3 Tips Mandi Habis Olahraga

Setelah Olahraga Boleh Langsung Mandi? Berikut 3 Tips Mandi Habis Olahraga

MOMSMONEY.ID - Berikut panduan dan tips mandi dengan tepat yang bisa dipraktikkan setelah olahraga.

Mandi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setelah olahraga. Keringat dan bakteri yang menempel pada kulit harus segera dibersihkan agar terhindar dari masalah kulit maupun bau badan.

Menurut laman Shape, beberapa pakar percaya mandi setelah olahraga bisa membantu melemaskan otot-otot yang tegang karena aktivitas olahraga.

Namun, ternyata tak boleh sembarangan mandi setelah melakukan olahraga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut ini.

Baca Juga: 4 Manfaat Oral Seks Bagi Kesehatan, Tak Hanya Bisa Redakan Stres Lho

Tidak ada waktu spesifik

Mandi setelah berolah raga bisa dilakukan ketika keringat di tubuh sudah mulai berkurang. Penggunaan air hangat untuk mandi setelah berolahraga juga bisa dipilih.

Yang perlu menjadi perhatian adalah intensitas saat olahraga. Jika intensitas olahraga tinggi, maka sebaiknya gunakan waktu lebih lama untuk menetralkan kembali kondisi tubuh sebelum mandi.

Gunakan air dingin terlebih dulu

Ada beberapa orang yang lebih nyaman mandi dengan menggunakan air dingin dibanding air hangat.

Melansir dari laman Medium, mandi dengan air dingin setelah olahraga bisa membantu tubuh untuk mendinginkan kondisi tubuh setelah olahraga intensif yang dilakukan.

Selain itu, air dingin juga bisa membantu untuk meredakan inflamasi pada otot tubuh. Inflamasi bisa saja terjadi pada otot yang dilatih saat berolahraga.

Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Alami Trust Issue, Coba Cek di Sini

Gunakan air hangat setelahnya

Setelah merasa temperatur tubuh mulai mendingin, air hangat bisa digunakan setelahnya. Air hangat pada proses ini berfungsi untuk membantu memperbaiki kondisi persendian dan dan otot setelah berolahraga.

Jika merasa takut untuk berkeringat kembali setelah mandi dengan air hangat, maka gunakan kembali air dingin untuk membilas tubuh sebelum menyelesaikan mandi.

Nah, itulah tadi beberapa tips mandi tepat dan bisa digunakan bagi yang sering melakukan olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News