HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Kenali Bahaya Bakteri Salmonella pada Kinderjoy

Moms Wajib Tahu! Kenali Bahaya Bakteri Salmonella pada Kinderjoy

MOMSMONEY.ID - Salmonella adalah salah satu bakteri yang harus diwaspadai. Terlebih, cara penularannya bisa melalui makanan kemasan yang biasa dikonsumsi anak-anak. 

Infeksi Salmonella atau salmonellosis disebabkan oleh bakteri dalam genus Salmonella, yang hidup di saluran usus manusia dan hewan. Bakteri ini dapat menyebar melalui feses. 

Seseorang yang terinfeksi salmonella dapat menyebarkannya ke orang lain melalui feses. Salmonella juga bisa menyebar melalui hewan ternak dan hewan peliharaan. 

Jika Anda  bekerja di atau mengunjungi peternakan atau memelihara hewan ternak, risiko terpapar bakteri ini bisa saja meningkat. 

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

Anak-anak, terutama yang berusia di bawah 4 tahun, merupakan salah satu kelompok yang paling rentan terinfeksi bakteri ini.  

Gejala umum dari infeksi Salmonella adalah diare, kram perut, demam, sakit kepala, mual, muntah, dan kehilangan selera makan. 

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan komplikasi jika bakteri menyebar dari sistem pencernaan ke tempat lain di tubuh. 

Termasuk aliran darah, tulang, persendian, dan sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang).  

Baca Juga: Kenali dan Waspadai! 5 Jenis Penyakit Ini Sering Dialami Anak Muda

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, berikut ini bahaya bakteri salmonella pada makanan kemasan anak, antara lain:  

1. Bakteremia

Salmonella dapat meninggalkan usus dan memasuki aliran darah. Jika ini terjadi, infeksi dapat menyebar ke area lain di tubuh. 

1. Dehidrasi

Dapat terjadi karena diare, mual, dan muntah. Gejalanya adalah produksi urine berkurang, mulut kering, dan mata cekung. 

3. Artritis reaktif (sindrom Reiter)

Kondisi peradangan dengan gejala berupa nyeri dan kaku di persendian, pembengkakan jari kaki dan tangan, konjungtivitis, dan nyeri saat buang air kecil. 

Dapat diketahui bahwa bakteri ini bisa mengontaminasi berbagai jenis makanan, termasuk makanan olahan atau yang dibuat di pabrik sekali pun. 

Jadi, penting untuk lebih cermat lagi dalam mengonsumsi makanan apapun. Jika mengalami masalah kesehatan setelah makan suatu makanan, segera hubungi dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News