HOME, Bugar

Kenali dan Waspadai! 5 Jenis Penyakit Ini Sering Dialami Anak Muda

Kenali dan Waspadai! 5 Jenis Penyakit Ini Sering Dialami Anak Muda

MOMSMONEY.ID - Hidup di usia produktif berarti mampu melakukan banyak hal yang tidak bisa lansia atau anak kecil lakukan. 

Itulah kelebihan yang dimiliki oleh anak muda generasi milenial. Meski demikian, tidak berarti anak muda terbebas begitu saja dari ancaman berbagai gangguan kesehatan. 

Pasalnya, gaya hidup yang kini dijalani oleh anak muda bisa menyeret mereka kepada beberapa penyakit. 

Dikutip dari Bustle dan Reader’s Digest, ada pula penyakit yang tidak berhubungan dengan kedua hal tersebut tapi tetap rentan dialami oleh anak muda saat ini maupun nanti. 

Baca Juga: Sering Mengantuk Saat Puasa? Kenali 5 Penyebabnya

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa penyakit yang sering dialami anak muda, antara lain:  

1. Lebih rentan terkena gangguan pada lambung

Penyakit yang sering dialami anak muda pertama adalah gangguan pada lambung. Anak muda berada di usia yang produktif, sehingga mereka lebih rentan mengalaminya.

Keadaan ini memang dapat diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun sayang, obat golongan tersebut bisa meningkatkan risiko gangguan lambung di kemudian hari. 

2. Kehilangan kemampuan mendengar lebih cepat

Penyakit yang sering dialami anak muda kedua adalah kehilangan kemampuan mendengar lebih cepat.  

Sudah menjadi rahasia umum bahwa generasi milenal lebih sering mengenakan earphone sehari-hari, baik untuk mendengarkan musik atau agar tidak terusik oleh orang lain. 

Terlalu sering mengenakan earphone dalam volume suara yang tinggi bisa merusak fungsi gendang telinga hingga mengakibatkan hilangnya kemampuan mendengar (tuli) sebelum lanjut usia. 

3. Depresi

Penyakit yang sering dialami anak muda ketiga depresi. Depresi sebenarnya lebih dari sekadar perasaan sedih. Mereka yang mengalami depresi sering mengalami kelelahan dan kecemasan.

Depresi bisa terjadi pada mereka yang kelelahan dan stres, yakni para generasi milenial yang sedang dalam usia produktif. 

Teknologi seperti perkembangan sosial media yang begitu pesat juga merupakan salah satu penyebabnya juga. 

Baca Juga: 5 Obat Alami Ini Ampuh Meredakan Migrain Selama Berpuasa

4. Kolesterol tinggi

Penyakit yang sering dialami generasi milenial keempat adalah kolesterol tinggi. Pola makan tidak sehat menyebabkan hipertensi dan masalah lain, seperti kolesterol tinggi. 

Makanan olahan mulai populer sejak tahun 1980-an, begitu banyak generasi milenial telah memakannya sepanjang hidup mereka. 

Gaya hidup yang serba cepat membuat mereka lebih sulit untuk makan di rumah, dan makan di luar seringkali lebih tinggi lemaknya, dan menjadi awal dari penyakit jantung atau stroke. 

5. Gangguan cemas

Penyakit yang sering dialami generasi milenial kelima adalh gangguan cemas. Media sosial dan teknologi dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap generasi milenial. 

Terjadinya hal tersebut umumnya dipicu oleh penentuan masa depan yang belum pasti dan sifat kompetitif yang dimiliki oleh generasi ini. 

Terlepas dari anak muda atau bukan, Anda dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup sehat dan aktif. Itulah beberapa penyakit yang sering dialami generasi milenial yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News