Sering Mengantuk Saat Puasa? Kenali 5 Penyebabnya

Reporter: Helvana Yulian
Selasa, 12 April 2022 | 11:01 WIB
Sering Mengantuk Saat Puasa? Kenali 5 Penyebabnya

ILUSTRASI. Penyebab Sering Mengantuk Saat Berpuasa


MOMSMONEY.ID - Mengantuk saat puasa bukan saja dikarenakan kekurangan waktu tidur saja. Tetapi juga dipicu masalah dehidrasi, perubahan metabolisme tubuh dan kekurangan zat besi. 

Bulan puasa mengharuskan umat Islam untuk berpuasa di siang hari. Ini bisa berdampak pada perubahan pola tidur.

Aktivitas seperti makan, minum, interaksi sosial, dan olahraga sering kali ditangguhkan sampai malam hari, sehingga mengurangi jam tidur dan kualitas tidur di bulan puasa. 

Perubahan ini, walaupun tidak parah, dapat menyebabkan seseorang mengantuk atau tidak konsentrasi di siang hari. 

Baca Juga: Jangan Panik! Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Kering Selama Berpuasa

 Dilansir dari Sleep Education dan Web MD, berikut ini penyebab mengantuk saat berpuasa yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasinya, antara lain:  

1. Perubahan pola tidur

Penyebab mengantuk saat berpuasa yang pertama adalah adanya perubahan pola tidur. Seseorang harus bangun dini hari untuk sahur, sehingga membuat waktu tidur berkurang. 

Sebagian orang malah tidak bisa tidur lagi setelah selesai sahur. Inilah yang menjadi salah satu penyebab orang ngantuk saat puasa. 

Namun, hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan tidak begadang atau tidur terlalu larut. 

2. Kekurangan asupan cairan

Penyebab mengantuk saat berpuasa yang kedua kekurangan asupan cairan. Tubuh memerlukan cairan yang cukup untuk menjalankan fungsinya. 

Jika dehidrasi, efeknya sangat beragam, termasuk lemas dan rasa lelah berlebihan. Jika sudah begitu, Anda akan merasa ngantuk karena tidak memiliki tenaga. 

3. Penurunan kadar glukosa dalam darah

Penyebab mengantuk saat berpuasa yang ketiga adalah adanya penurunan kadar glukosa dalam darah. Puasa memicu penurunan kadar glukosa sehingga otak jadi sulit berkonsentrasi. 

Otak manusia mendapatkan energi dalam bentuk glukosa. Otak mengonsumsi hampir 60 persen asupan glukosa dalam tubuh. Jika asupannya berkurang, kinerja otak juga ikut terpengaruh. 

Baca Juga: 5 Obat Alami Ini Ampuh Meredakan Migrain Selama Berpuasa

4. Kekurangan zat besi

Penyebab mengantuk saat berpuasa yang keempat adalah kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi menjadi salah satu pemicu ngantuk saat puasa. 

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan tinggi zat besi, seperti sayuran hijau, ikan teri, dan juga kacang-kacangan. 

Zat besi membuat tubuh menyerap oksigen, sehingga dapat mencegah ngantuk saat puasa. 

5. Perubahan metabolisme tubuh

Penyebab mengantuk saat berpuasa yang kelima adalah adanya perubahan metabolisme tubuh.  

Makan dua kali sehari saat puasa akan mengubah metabolisme tubuh, yang berdampak pada penurunan suhu inti tubuh dan produksi hormon kortisol. 

Hormon kortisol adalah hormon yang membantu seseorang tetap terjaga di siang hari. Itulah sebabnya Anda mudah merasa ngantuk saat puasa, khususnya pada siang hari. 

Itulah beberapa penyebab mengantuk saat berpuasa yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER