HOME, Bugar

5 Cara Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

5 Cara Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

MOMSMONEY.ID - Berpuasa adalah salah satu cara untuk melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Ada banyak sekali manfaat puasa, salah satunya mengurangi reaksi inflamasi atau peradangan dan juga menyehatkan tubuh.  

Namun proses detoksifikasi ini tidak akan maksimal, jika tidak diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat dan fit saat puasa. Manfaat dari puasa bisa didapatkan secara optimal ketika Anda dapat menerapkan pola hidup sehat selama bulan puasa. 

Baca Juga: Sering Mengantuk Saat Puasa? Kenali 5 Penyebabnya

Untuk itu, Anda perlu menerapkan tips di bawah ini agar keluarga tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah Ramadan. Dilansir dari Health Focus dan Web MD, inilah beberapa cara menjaga kesehatan di bulan puasa yang bisa Anda lakukan:

1. Jangan melewatkan waktu sahur

Cara menjaga kesehatan di bulan puasa yang pertama adalah janga melewatkan waktu sahur. Sahur adalah bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama berpuasa.

Makanlah yang benar saat sahur dengan memperhatikan asupan nutrisi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat dan protein. 

2. Cukup tidur

Cara menjaga kesehatan di bulan puasa yang kedua adalah tidur dengan cukup setiap hari. Setidaknya orang dewasa perlu memenuhi 8 jam waktu tidur setiap malamnya. Sistem imun dapat bekerja dengan baik ketika cukup tidur. 

Suasana hati bisa memberikan dampak signifikan terhadap kegiatan harian. Pastinya butuh suasana hati dan konsentrasi yang baik dalam menyelesaikan tugas-tugas harian. 

3. Penuhi kebutuhan cairan

Cara menjaga kesehatan di bulan puasa yang ketiga adalah memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih dengan cukup.  

Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih sehari agar fit saat puasa. Anda bisa memenuhi cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur agar membantu tubuh tetap terhidrasi. 

Selain itu, ada baiknya menghindari kafein. Pasalnya, kafein bersifat diuretik yang membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang. Cobalah mengurangi minuman berkafein secara berlebihan selama bulan Ramadan untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa. 

Baca Juga: 5 Obat Alami Ini Ampuh Meredakan Migrain Selama Berpuasa

4. Olahraga

Cara menjaga kesehatan di bulan puasa yang keempat adalah berolahraga. Tetap berolahraga adalah salah satu tips puasa sehat yang sebaiknya tidak dilewatkan. 

Tentunya Anda lebih leluasa mengatur waktu berolahraga selama puasa di rumah. Anda bisa memilih olahraga ringan yang tidak menghabiskan energi. 

5. Makan buah yang mengandung air

Cara menjaga kesehatan di bulan puasa yang kelima adalah mengonsumsi buah yang mengandung banyak air.  Buah-buahan yang mengandung tinggi air juga dapat mencegah dehidrasi. 

Mencukupi cairan tubuh dapat menghindarkan Anda dari risiko kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, darah rendah, dan keram otot. 

Selalu sediakan buah-buahan yang tinggi kadar air saat sahur dan berbuka puasa bersama keluarga. Misalnya, buah persik, semangka, maupun jeruk. Selain mengandung air dan serat, buah-buahan ini juga memberikan kebutuhan vitamin C. Konsumsi vitamin C juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Ibu dan keluarga selama menjalankan puasa di rumah. 

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan di bulan puasa yang bisa Anda lakukan selama bulan Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News