HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Inilah Sederet Mitos Tentang Menyusui

Moms Wajib Tahu! Inilah Sederet Mitos Tentang Menyusui

MOMSMONEY.ID - Beragam mitos menyusui mungkin sudah sering Anda dengar. Meski mitos itu tidak didukung oleh fakta ilmiah, masih banyak orang yang percaya. 

Agar Anda tidak dibuat bingung dengan informasi yang salah, ketahui apa saja mitos menyusui tersebut dan fakta di baliknya.

Meski terkadang ada yang menenangkan, banyak juga informasi yang justru membuat Anda bingung dan khawatir.

Baca Juga: Berikut Ini Sederet Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Dilansir dari Pregnant Education, inilah sederet mitos tentang menyusui yang perlu Anda ketahui, antara lain:  

1. Ukuran payudara memengaruhi produksi ASI

Mitos tentang menyusui yang perlu Anda ketahui pertama adalah ukuran payudara memengaruhi produksi ASI. Ukuran payudara sama sekali tidak memengaruhi jumlah ASI yang dikeluarkan.

Ukuran payudara yang lebih kecil dianggap memproduksi ASI lebih sedikit daripada wanita yang memiliki payudara yang lebih besar.

2. Anak yang diberi ASI lebih montok dan cerdas

Mitos tentang menyusui yang perlu Anda ketahui kedua adalah anak yang diberi ASI lebih montok dan cerdas. 

Faktanya, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang mendapat ASI pasti lebih gemuk atau cerdas daripada anak yang tidak mendapati ASI.

Oleh karena itu, Anda jangan termakan mitos menyusui ini. Yang terpenting adalah kebutuhan nutrisi bayi tetap terpenuhi, baik itu melalui pemberian ASI maupun susu formula.

3. Mencuci puting sebelum menyusui

Mitos tentang menyusui yang perlu Anda ketahui ketiga adalah mencuci puting sebelum menyusui. Mencuci puting susu sebelum menyusui tidak perlu.

Puting juga menghasilkan zat yang berbau seperti bayi dan mengandung “bakteri baik” yang membantu membangun sistem kekebalan tubuh Bayi. 

Baca Juga: Jangan Panik! Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak dan Cara Mencegahnya

4. Minum susu formula membuat bayi tidur lebih nyenyak

Mitos tentang menyusui yang perlu Anda ketahui keempat adalah minum susu formula membuat bayi tidur lebih nyenyak. 

Bayi yang mengonsumsi susu formula mungkin cenderung tidur lebih lama, tapi bukan berarti lebih nyenyak. Hal ini karena susu formula lebih sulit dan lebih lama dicerna dibanding ASI.

Namun, jangan khawatir. Rata-rata setelah 4 minggu, bayi yang baru lahir juga bisa tidur sama lamanya dengan bayi yang minum susu formula.

5. Ibu tidak boleh menyusui saat sakit

Mitos tentang menyusui yang perlu Anda ketahui terakhir adalah ibu tidak boleh menyusui saat sakit. Tergantung pada jenis penyakitnya, ibu biasanya dapat terus menyusui ketika sakit.

Pada banyak kasus, antibodi yang dibuat tubuh dapat mengobati penyakit yang ibu idap atau bayi akan membangun antibodinya sendiri.

Dengan mengetahui fakta di balik mitos menyusui, diharapkan Anda lebih bisa menyaring kembali setiap informasi yang Anda dengar atau baca.

Jadi, sebelum memercayainya, cek dulu kebenarannya dari sisi medis. Jika perlu, konsultasikan ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News