HOME, Bugar

Berikut Ini Sederet Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Berikut Ini Sederet Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

MOMSMONEY.ID - Tak hanya ibu hamil yang memiliki pantangan, ibu menyusui juga memiliki pantangan.

Hal ini perlu diperhatikan karena pantangan ibu menyusui berkaitan dengan air susu ibu (ASI) dan berpengaruh terhadap bayi.

Tidak hanya mengonsumsi makanan tertentu, kelancaran proses menyusui juga perlu diupayakan dengan menghindari beberapa hal.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Inilah 5 Masalah yang Sering terjadi Saat Masa Nifas

Dilansir dari Pregnant Education, berikut adalah makanan yang harus dihindari ibu menyusui, antara lain: 

1. Ikan dengan kandungan merkuri

Makanan yang harus dihindari ibu menyusui pertama adalah ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi. 

Ikan merupakan sumber asam docosahexaenoic (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) yang baik. Namun, ibu perlu mewaspadai kandungan merkuri dalam ikan yang dikonsumsi.

Dua jenis asam lemak omega-3 tersebut penting untuk menunjang perkembangan otak pada bayi dan sulit ditemukan di makanan lain.

2. Kafein

Makanan yang harus dihindari ibu menyusui kedua adaah kafein. Kafein dalam makanan dapat mengontaminasi ASI. Hal tersebut memicu  iritabilitas dan kesulitan tidur.

Ini bisa berdampak, mengingat pencernaan bayi yang masih belum terbentuk sempurna, sehingga sulit untuk mencerna dan mengeluarkan kafein dari dalam tubuh. 

3. Susu

Makanan yang harus dihindari ibu menyusui ketiga adalah susu. Beberapa bayi sensitif terhadap susu sapi.

Jika ibu minum susu sapi, bayi dengan kondisi tersebut mungkin menunjukkan reaksi seperti kembung, gatal atau ruam, muntah, diare, atau justru sembelit. 

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Kaya Nutrisi yang Mengenyangkan untuk Ibu Menyusui

4. Alkohol

Makanan yang harus dihindari ibu menyusui keempat alkohol. Selain makanan, penggunaan alkohol selama menyusui juga perlu dihindari.

Alkohol dapat terserap ke dalam ASI. Kadar alkohol tertinggi dalam tubuh yaitu 30-60 menit setelah dikonsumsi. Alkohol bisa berada dalam ASI sekitar 2-3 jam setelah dikonsumsi.

5. Obat-obatan herbal

Makanan yang harus dihindari ibu menyusui kelima adalah obat-obatan herbal. Obat-obatan yang dikonsumsi ibu menyusui sebaiknya dikonsultasikan dahulu ke dokter.

Hingga saat ini, sebagian obat herbal masih belum bisa dipastikan keamanan dan kemungkinan efek sampingnya.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari ibu menyusui. Tingkatkan asupan nutrisi dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Selain itu, ibu juga bisa mempertimbangkan konsumsi asupan vitamin yang dibutuhkan dan juga jangan lupa melakukan olahraga ringan yang aman untuk ibu menyusui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News