HOME, Bugar

Jangan Panik! Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak dan Cara Mencegahnya

Jangan Panik! Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak dan Cara Mencegahnya

MOMSMONEY.ID - Pneumonia tidak hanya menyerang orang dewasa, namun pneumonia juga kerap menyerang anak-anak. 

Pneumonia pada anak cukup berbahaya, namun kini anak bisa disembuhkan dengan lebih cepat jika mendapatkan perawatan medis yang tepat.  

Anak-anak umumnya lebih berisiko terkena pneumonia karena sistem imunitas tubuh mereka yang masih lemah dan belum terbentuk sempurna.  

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah Penyebab Darah Rendah pada Anak

Dilansir dari Kids Health, inilah beberapa gejala pneumonia pada anak yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu, antara lain:

1. Batuk dan pilek

2. Demam

3. Sakit tenggorokan

4. Napas berbunyi atau mengi

5. Mual atau muntah

6. Diare

7. Nafsu makan menurun

8. Lebih sering menangis dan rewel dibandingkan biasanya

9. Lemas dan sulit konsentrasi

Pada kasus yang parah, pneumonia pada anak juga bisa menyebabkan anak mengalami kondisi bibir dan kuku yang tampak kebiruan dan kulit pucat akibat kekurangan oksigen.  

Pneumonia pada anak dapat menular melalui percikan ludah ketika batuk atau bersin, serta melalui penggunaan peralatan makan dan minum bersama dengan penderitanya.  

Oleh karena itu, agar anak terhindar dari pneumonia, ada beberapa cara mencegah pneumonia pada anak yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Baca Juga: Begini 5 Cara untuk Mengatasi Biduran pada Anak

1. Cukupi kebutuhan gizi anak

Mencegah pneumoni pada anak pertama dengan cukupi kebutuhan gizi anak. Berikan ASI pada bayi setidaknya selama 6 bulan pertama untuk menguatkan daya tahan tubuh.  

Ketika sudah berusia 6 bulan ke atas, cukupi juga kebutuhan nutrisi anak dengan memberikannya buah, sayuran, dan makanan bergizi lainnya.  

2. Lengkapi imunisasi anak

Mencegah pneumoni pada anak yang kedua dengan lengkapi imunisasi anak. Hal ini akan memberikannya vaksin pneumonia yang efektif untuk menurunkan risiko terkena penyakit ini.  

Anda juga bisa memberinya imunisasi tambahan dengan vaksin influenza, vaksin Hib, vaksin campak, dan vaksin DPT.  

3. Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat

Mencegah pneumoni pada anak ketiga adalah terapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Biasakan anak menerapkan hidup bersih, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.  

Pastikan juga Anda menjaga kebersihan rumah dan mengolah makanan secara bersih. Jangan biarkan pneumonia pada anak berkembang menjadi kondisi yang lebih serius. 

Oleh karena itu, bila anak Anda mengalami gejala yang mengarah ke pneumonia, disarankan untuk segera membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan dari dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News