CLOSE [X]
ads

Moms, Simak 4 Cara Pilih Telur Dengan Kualitas Bagus Ini Yuk!

Reporter: Christ Penthatesia
Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:05 WIB
Moms, Simak 4 Cara Pilih Telur Dengan Kualitas Bagus Ini Yuk!


MOMSMONEY.ID - Untuk bisa mendapatkan bahan makanan yang berkualitas tentunya proses seleksi memilih bahan makanan yang baik perlu untuk dilakukan saat berbelanja.

Termasuk dalam memilih telur yang juga merupakan bahan makanan. Telur dengan kualitas dan kondisi bagus tentunya masih memiliki kesegaran yang baik.

Lalu bagaimanakah cara untuk memilih telur yang bagus? Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memilih telur.

Baca Juga: Bisa Bantu Terapi Kesehatan Mental, Ini 4 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental!

Hindari membeli telur yang kadarluwarsa

Telur merupakan bahan makanan yang juga memiliki masa kadaluwarsa. Sebaiknya hindari memilih telur yang sudah mendekati masa kadaluwarsa agar tetap bisa menikmati telur yang segar.

Melansir dari laman Wiki How, telur secara umum memiliki waktu selama 3-5 minggu sebelum akhirnya menjadi kadaluwarsa. Ketika kadaluwarsa kuning telur akan mulai menyerap air pada putih telur. Sehingga putih telur menjadi tidak tebal dan telur menjadi mudah pecah.

Pilih telur yang bersih dan tidak memiliki retak

Memilih telur yang bagus juga perlu untuk memperhatikan penampilan dari luarnya. Pilihlah telur secara perlahan dan perhatikan kebersihan cangkangnya saat memilih telur.

Telur dengan cangkang yang kotor dan memiliki retakan biasanya adalah telur dengan kondisi yang jelek. Kebersihan cangkang telur penting untuk diperhatikan sebab bakteri salmonella cenderung untuk tinggal pada cangkang telur dalam waktu yang lama dan bisa masuk pada retakan cangkang telur.

Baca Juga: Yuk Intip Lucunya Maskot Ikonik SEA Games dari Masa ke Masa

Pilih telur dengan grade yang benar

Melansir dari laman Egg Safety. Semua telur yang dijual di pasaran sebenarnya memiliki gradenya masing-masing. Biasanya grade tersebut ditentukan dari ukuran dan kualitas yang dimiliki telurnya. Grade pada telur terbagi menjadi tiga tingkat yaitu AA, A, dan B.

Grade AA adalah telur dengan kualitas bagus dengan kondisi putih telur yang tebal dan kuning telur yang bundar. Grade A adalah telur dengan kualitas tengah dimana biasanya memiliki kandungan putih telur yang tidak setebal grade AA dan dijual di kebanyakan toko retail. Sedangkan grade B adalah telur yang tidak dijual pada toko retail alias telur yang dijual di toko-toko kecil pada umumnya.

Pilih sesuai ukuran

Telur juga sebaiknya dipilih yang memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhannya. Penetapan ukuran telur biasanya ditentukan dari beratnya bukan dari dimensinya.

Maka dari itu ada baiknya untuk memilih telur yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jika untuk konsumsi sehari-hari maka pilihlah telur dari ukuran kecil hingga sedang. Untuk membuat kue biasanya telur dengan ukuran lebih besar akan sering digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TOPIK TERPOPULER