CLOSE [X]
ads

Bisa Bantu Terapi Kesehatan Mental, Ini 4 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental!

Reporter: Christ Penthatesia
Kamis, 19 Mei 2022 | 07:15 WIB
Bisa Bantu Terapi Kesehatan Mental, Ini 4 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental!

ILUSTRASI. Menulis jurnal harian atau disebut dengan journaling memiliki beberapa manfaat yang baik terutama bagi kesehatan mental seseorang.


MOMSMONEY.ID - Tak banyak yang tahu bahwa kegiatan seperti journaling atau menulis jurnal bisa memiliki banyak manfaat yang baik, terutama bagi kesehatan mental.

Journaling sendirir merupakan kegiatan untuk “merekam” semua kegiatan pada satu hari beserta dengan isi pikiran, perasaan, dan banyak lainnya. Kegiatan journaling sendiri bisa dilakukan dengan cara ditulis, diketik, maupun digambar.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat journaling yang baik bagi kesehatan mental seseorang.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Saddle Sores, Luka Kulit Selangkangan Akibat Bersepeda

Mengurangi anxiety

Kegiatan menulis jurnal atau journaling sering kali digunakan sebagai terapi gangguan mental. Hal itu disebabkan journaling bisa membantu untuk mengurangi anxiety atau kecemasan seseorang.

Laman Web MD menyampaikan bahwa menurut sebuah penelitian bahwa orang-orang yang mengalami anxiety dan rutin menulis jurnal selama 15 menit tiga kali seminggu dalam periode 12 minggu, perasaan tenang dan gejala depresinya bisa menurun.

Membantu mengatur emosi

Orang-orang yang rutin melakukan kegiatan jurnaling biasanya akan memiliki kecenderungan untuk memiliki emosi yang tenang, stabil dan tertata.

Hal tersebut disebabkan karena orang-orang mampu menuangkan emosinya ke dalam jurnal yang mampu membuat mereka merasa lebih lega. Emosi yang dapat tersalurkan dengan baik dapat membantu pengaturan emosi sehingga tidak membuat adanya penumpukkan emosi yang membuat seseorang menjadi meledak-ledak.

Baca Juga: Moms, Ini Loh 4 Cara Mudah untuk Pilih Telur yang Baik. Simak Penjelasannya di Sini!

Mengurangi stress

Tak hanya anxiety atau kecemasan saja yang bisa dikurangi gejalanya dengan menggunakan jurnal. Stress pun juga dapat berkurang dengan bantuan journaling.

Melansir dari laman Health Line, journaling merupakan salah satu sarana terbaik sebagai stress reliever. Dimana jurnaling bisa membantu untuk mengurangi tekanan dalam pikiran ke dalam tulisan. Sehingga menulis   jurnal dapat membantu untuk mengurangi tingkat stress seseorang.

Membantu mengatur hidup

Bukan hanya hal-hal yang terjadi pada hari ini saja yang bisa dituliskan dalam jurnal. Hal-hal yang perlu untuk dilakukan di masa depan pun juga bisa diatur dengan rutin melakukan journaling.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi sebuah emosi, perasaan, atau situasi yang terjadi juga bisa ditentukan dari semua catatan yang telah ditulis di jurnal. Jurnal bisa digunakan sebagai panduan untuk membantu mengatur langkah, tujuan, dan juga sikap seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TOPIK TERPOPULER