CLOSE [X]
ads

Yuk Intip Lucunya Maskot Ikonik SEA Games dari Masa ke Masa

Reporter: Christ Penthatesia
Kamis, 19 Mei 2022 | 06:55 WIB
Yuk Intip Lucunya Maskot Ikonik SEA Games dari Masa ke Masa

ILUSTRASI. Sea Games 2021 yang diadakan di Vietnam memiliki maskot yaitu berupa unicorn yang diberi nama Saola. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU


MOMSMONEY.ID - Sea games 2022 menjadi topik hangat yang banyak dibicarakan para pecinta olahraga. Dukungan bagi para atlet yang melaju mewakili negara dalam ajang Sea Games juga terus ditunjukkan.

Sea Games adalah pesta olahraga Asia Tenggara yang diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara dan diadakan setiap dua tahun.

Baca Juga: Perhatikan! Ini Jadwal Terbaru Pelaksanaan Rekrutmen BUMN 2022!

Dalam setiap event Sea Games akan selalu ada maskot yang mewakili negara tuan rumah. Berikut ini adalah beberapa daftar maskot Sea Games dari masa ke masa. 

Saola

Di tahun 2022, Sea Games diadakan di Vietnam sebagai tuan rumahnya. Maskot untuk Sea Games Vietnam sendiri diberi nama Saola. Saola adalah hewan yang memiliki rupa seperti unicorn. Hewan ini merupakan hewan langka dan hampir tak bisa ditemui di tempat lain selain di Vietnam dan Laos. Maka dari itu Saola dijadikan maskot yang mewakili Vietnam.

Pami

Pami adalah maskot Sea Games yang digunakan di tahun 2019. Saat itu yang menjadi tuan rumah pesta olahraga ini adalah Filipina. Pami memiliki bentuk seperti bola-bola yang disatukan sebagai lambang Negara Asia Tenggara yang bersatu dalam acara pesta olahraga ini. Pami diambil dari bahasa Filipina yaitu “pamilya” yang berarti family atau keluarga.

Baca Juga: Lakukan dengan Rutin! Inilah 5 Olahraga yang Aman Buat Ibu Hamil

Rimau

Pada tahun 2017, acara Sea Games dilaksanakan di Malaysia yang sekaligus menjadi tuan rumahnya. Maskot Sea Games Malaysia sendiri diberi nama dengan sebutan Rimau. Rimau adalah harimau Malaysia yang disebut dengan Malayan Tiger. Hewan ini dijadikan maskot karena hewan ini memiliki habitat asli di Malaysia dan merupakan hewan yang dilindungi populasinya di Malaysia.

Nila

Nila adalah maskot Sea Games tahun 2015 yang diselenggarakan di Singapore. Nama Nila sendiri diambil dari nama pendiri Negara Singapore yaitu Sang Nila Utama. Nila sendiri memiliki bentu seperti singa yang memiliki rambut kuda berwarna merah dan wajah yang berbentuk hati.

Rambut kuda berwarna merah melambangkan semangat dan kekuatan dalam pertandingan olahraga. Lalu bentuk wajah hati melambangkan persahabatan yang dijalin Negara dan peserta Sea Games.

Shwe Yoe dan Mamoe

Dalam pagelaran Sea Games 2013, Myanmar adalah negara yang menjadi tuan rumah perayaan pesta olahraga Asia Tenggara ini. Maskot pada Sea Games Myanmar ini adalah dua hewan burung hantu yang diberi nama Shwe Yoe dan Mamoe.

Burung hantu sendiri merupakan burung yang melambangkan keberuntungan terutama jika itu adalah burung hantu yang berpasangan. Menurut tradisi Burma yang merupakan suku di Myanmar, burung hantu melambangkan kebijaksanaan juga. 

Modo dan Modi

Di tahun 2011, Indonesia juga sempat menjadi negara tuan rumah dalam perayaan Sea Games. Indonesia menggunakan maskot hewan yang menjadi hewan dilindungi di Indonesia yaitu komodo.

Dua komodo tersebut diberi nama Modo dan Modi. Komodo sendiri merupakan hewan melata terbesar yang hidup di dunia dan memiliki habitat asli di Indonesia yang kemudian menjadi hewan ikonik kebanggan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TOPIK TERPOPULER