HOME, Keluarga

Moms Siapkan Hal Ini Kala Anak Lakukan PTM

Moms Siapkan Hal Ini Kala Anak Lakukan PTM

MOMSMONEY.ID - Pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan untuk pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan. Aturan ini tentu disambut baik bagi beberapa orangtua. Salah satunya Amelia, pegawai swasta sekaligus ibu satu anak.

"Jujur ada perasaan senang sekaligus khawatir. Kalau senangnya ya si kecil bisa kembali bertemu teman dan guru di sekolah. Jadi tidak bosan belajar melalui laptop saja. Khawatirnya kalau kebablasan bermain saja, takut terinfeksi," ujarnya.

Kembali menjalani rutinitas pembelajaran memang bukanlah yang mudah untuk dijalani si kecil bahkan moms. Apalagibdi tengah pandemi yang masih belum berhenti. Banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjaga imunitas si kecil. Dokter spesialis anak, Dr. dr. Farabi El Fouz, Sp.A, M.Kes mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan moms untuk meningkatkan imun tubuh kala anak menjalankan pembelajaran tatap muka.

Baca Juga: Hindari 4 Hal Ini Jika Tidak Mau Hubungan Anda dengan Anak Remaja Anda Merenggang

Pertama, moms bisa menyiapkan makanan rumahan yang bergizi lengkap. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, sedikit serat dan buah harus dibawa dari rumah dan dipastikan kebersihannya. "Perlu diingat juga, bekal disiapkan di wadah yang aman serta bersih. Dan mengedukasi anak agar sebelum membuka harus cuci tangan terlebih dahulu," sebut Dr. Farabi.

Kedua, untuk sementara ini hindari anak jajan. Hal ini karena anak pada umur tertentu belum cukup matang dalam memilih jajanan yang hiegenis. Sehingga jika anak butuh makanan camilan, Dr. Farabi mengingatkan untuk orangtua wajib membawakannya selain makanan utama yang dibekali dari rumah.

"Camilan bisa berbentuk roti, biskuit, singkong, ubi, kentang, kacang hijau. Jangan lupa makanan tradisional kita itu kaya karbohidrat serta alamiah tanpa bahan pengawet, cocok membantu menambah berat badan anak yang aktif di sekolah," lanjutnya.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! Ciri-Ciri Cacar Api pada Anak dan Cara Mengobatinya

Ketiga, si anak perlu konsumsi air putih serta istirahat yang cukup. "Sekali-kali boleh tambah vitamin D juga. Dan beberapa multivitamin lain atas petunjuk dokter bisa ditanya saat vaksinasi," pungkas Dr. Farabi.

Terakhir, kata Dr. Farabi, moms jangan lupa untuk melengkapi vaksin si kecil. Seperti DPT, Polio, PCV, Varicella cacar, Gondongan, Influenza, Hepatitis dan lainnya.

Selanjutnya: Promo Xi Bo Ba 25-27 Oktober 2021, Payday Diskon 70% via ShopeeFood

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News