HOME, Bugar

Orang Tua Wajib Tahu! Ciri-Ciri Cacar Api pada Anak dan Cara Mengobatinya

Orang Tua Wajib Tahu! Ciri-Ciri Cacar Api pada Anak dan Cara Mengobatinya

MOMSMONEY.ID - Cacar api pada anak bukanlah kondisi yang umum terjadi seperti cacar air. Cacar api atau herpes zoster adalah ruam kulit menyakitkan akibat infeksi virus pada saraf yang berada tepat di bawah kulit.

Penyakit cacar api disebabkan oleh virus yang sama dengan penyebab cacar air, yaitu virus varicella zoster. Penyakit cacar api dapat terjadi pada anak yang pernah mengalami cacar air sebelumnya.

Meskipun demikian, cacar api jarang terjadi pada anak di bawah usia 3 tahun. Untuk informasi lebih lengkap mengenai cacar api pada anak, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Penyakit cacar api pada anak dapat menunjukkan gejala awal di area kulit tempat ruam muncul. Gejala cacar api yang muncul bisa diawali dengan:

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Kolesterol Juga

1. Kesemutan

2. Gatal

3. Nyeri

4. Demam

5. Sakit kepala

6. Lelah

7. Pegal-pegal

Ciri-ciri cacar api dalam bentuk ruam umumnya diawali dengan kemunculan sekelompok bintil kecil di salah satu bagian tubuh. Bintil tersebut lebih sering muncul pada tubuh bagian atas ketimbang pada wajah, lengan, atau kaki.

Ruam yang muncul biasanya tidak terlalu gatal, tetapi bisa jadi sangat sakit. Cara mengobati cacar api pada anak tergantung pada gejala, usia, seberapa parah kondisinya, serta kondisi kesehatan anak secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa jenis pengobatan yang mungkin diberikan.

1. Obat antivirus dapat membantu mengurangi durasi dan tingkat keparahan gejala. Jenis obat antivirus yang mungkin diberikan adalah acyclovir, famciclovir atau valacyclovir.

2. Obat pereda nyeri yang dijual bebas dapat mengurangi demam dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan cacar api. Jenis obat pereda nyeri untuk cacar api pada anak meliputi acetaminophen atau ibuprofen.

Jangan berikan ibuprofen kepada anak di bawah 6 bulan, kecuali atas petunjuk dokter. Anda juga disarankan untuk tidak menggunakan aspirin pada anak-anak karena dapat menyebabkan efek samping serius yang disebut sindrom Reye.

3. Jika rasa sakit yang dialami anak tergolong parah, dokter mungkin akan meresepkan obat pereda nyeri yang lebih kuat.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Kerap Terjadi Pada Anak-Anak

Itulah ciri-ciri dan cara mengobati cacar api pada anak. Saat ini, belum ada vaksin cacar api untuk anak, tetapi pemberian imunisasi cacar air dapat meringankan gejala saat anak terkena penyakit ini.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter 

Selanjutnya: Jangan Panik! Ketahui Penyebab Keloid Membesar dan Cara Pencegahannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News