Bugar

Moms Jangan Panik, Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Anak GTM saat Sedang Belajar Makan

Moms Jangan Panik, Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Anak GTM saat Sedang Belajar Makan

MOMSMONEY.ID - GTM atau Gerakan Tutup Mulut menjadi problematika yang dialami oleh hampir semua ibu saat anak belajar makan.

Sebenarnya, GTM pada anak terjadi bukan tanpa alasan. Kondisi ini bisa muncul karena anak memang sedang sakit, tumbuh gigi, bahkan mengalami hipersensitif terhadap makanan.

Meski demikian, bukan berarti masalah ini tidak dapat diatasi. Dilansir dari Kids Health, berikut beberapa cara ampuh mengatasi anak GTM yang bisa ibu coba terapkan, antara lain: 

Baca Juga: Moms, Ini 5 Manfaat Labu Kuning untuk MPASI yang Perlu Anda Tahu

Tidak memberikan gadget saat makan

Cara ampuh untuk mengatasi anak GTM yang pertama dengan tidak memberikan gadget saat makan. Sebisa mungkin, hindari memberikan distraksi apapun saat anak sedang makan.

Fokuskan anak untuk melihat makannya. Jadi, ia tahu kapan waktunya bermain dan kapan waktunya makan. Makan bersama ternyata bisa meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak. 

Berikan porsi makan yang sesuai

Cara ampuh untuk mengatasi anak GTM yang kedua adalah memberikannya porsi makan yang sesuai. Saat belajar makan, pastinya anak tidak bisa langsung menerima banyak makanan.

Namun, hindari memberikan porsi makan yang berlebihan dan memaksa Si Kecil menghabiskannya. Berikan saja secukupnya atau sesuai dengan kemampuan makan anak.

Tidak memberi makan menjelang waktu tidur

Cara ampuh untuk mengatasi anak GTM yang ketiga adalah tidak memberinya makan menjelang tidur. Sebab, anak tentu akan menolak makan saat mengantuk. 

Bahkan bisa menjadi lebih rewel daripada biasanya. Jika anak mengantuk tetapi belum makan, ibu bisa memberikan camilan agar perutnya tidak terlalu lapar.

Baca Juga: Kenali 4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Perkembangan Otak Anak

Buat suasana makan yang menyenangkan

Cara mengatasi anak GTM lainnya adalah membuat suasana makan menjadi menyenangkan. Hindari memaksa anak makan saat ia menolaknya.

Jangan sampai ibu memarahi anak saat ia tidak mau makan, karena hal tersebut justru membuat suasana makan jadi semakin tidak menyenangkan untuknya.

Biarkan anak makan sendiri

Cara ampuh untuk mengatasi anak GTM yang terkahir adalah membiarkan anak makan sendiri. Sebenarnya, setelah anak berusia 1 tahun, ia sudah bisa diajarkan untuk makan sendiri.

Tentunya dengan orangtua yang mendampingi dan mengawasinya. Jika akhirnya membuat meja makan berantakan dan kotor, tak masalah karena ini adalah proses mengenal jenis makanan.

Apabila GTM pada anak tidak kunjung berakhir, ibu bisa bertanya pada dokter spesialis anak cara lain untuk mengatasi hal ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News