Bugar

Kenali 4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Perkembangan Otak Anak

Kenali 4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Perkembangan Otak Anak

MOMSMONEY.ID - Kacang hijau dijamin sehat dan punya banyak manfaat untuk kesehatan anak. Tak heran bila kacang hijau sering jadi menu wajib ketika anak mulai MPASI.

Hal ini karena kacang hijau mempunyai kandungan protein yang bermanfaat untuk anak. Dirangkum dari Mayo Clinic, berikut adalah manfaat kacang hijau untuk anak, antara lain: 

Sumber protein yang baik

Manfaat kacang hijau untuk anak yang selanjutnya adalah sumber protein yang baik. Sang buah hati membutuhkan sumber protein yang baik demi menunjang tumbuh kembangnya.

Peran protein juga penting dalam perkembangan sistem imun, tulang, otot, dan sendi Si Kecil. Protein juga berpengaruh terhadap perkembangan otak dan kognitif anak.

Baca Juga: Segar dan Manis, Inilah Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Kulit Wajah

Baik untuk perkembangan otak

Manfaat kacang hijau untuk anak yang selanjutnya adalah baik untuk perkembangan otak. Manfaat kacang hijau lainnya bisa didapatkan dari kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup tinggi.

Sebanyak 100 gram kacang hijau mentah mengandung zat folat (Vitamin B9) sebanyak 159 gram. Folat adalah nutrisi yang berperan penting dalam perkembangan otak dan kognitif Si Kecil.

Baca Juga: 5 Makanan Penetralisir Usai Makan Daging Kambing Saat Momen Kurban

Menjaga kesehatan pencernaan

Kacang hijau terdiri dari berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan pencernaan. Sementara, pati yang terkandung dalam kacang hijau mampu memelihara bakteri sehat dalam usus.

Serat larut yang disebut pektin dalam kacang hijau dapat membantu menjaga kesehatan usus, serta mempercepat pergerakan makanan melalui usus.

Selanjutnya, pati pun dicerna menjadi butirat (asam lemak rantai pendek) yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Nutrisi kacang hijau mengandung berbagai fitonutrien yang bersifat antimikroba dan anti-inflamasi.

Sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dimiliki kacang hijau berguna dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta melawan bakteri berbahaya, virus, ruam, iritasi, pilek, dan lainnya.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk anak. Tidak perlu ragu lagi, ya untuk memberikan si kecil kacang hijau. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News