Bugar

Moms, Ini 5 Manfaat Labu Kuning untuk MPASI yang Perlu Anda Tahu

Moms, Ini 5 Manfaat Labu Kuning untuk MPASI yang Perlu Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai manfaat labu kuning untuk bayi. Buah ini yang memiliki rasa manis dan nikmat ini memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan mata dan kulit, melancarkan saluran pencernaan bayi, dan meningkatkan daya tahan tubuhnya. 

Dengan berbagai manfaat itu maka buah labu kuning sangat baik untuk ditambahkan ke dalam menu MPASI bayi. 

Baca Juga: Apa Itu Capsaicin? Kenali Senyawa Pedas pada Cabai yang Bermanfaat untuk Tubuh

Selain kaya akan nutrisi, seperti dilansir dari Pregnant Education, labu kuning juga punya segudang manfaat untuk bayi, di antaranya sebagai berikut: 

Membuat tidur lebih nyenyak

Apakah Si Kecil sering susah tidur? Jika iya, Anda bisa memberikan olahan labu kuning sebagai menu MPASI-nya.

Hal ini karena labu kuning mengandung tryptophan, yakni sejenis asam amino esensial yang akan membantu Si Kecil memproduksi hormon serotonin.

Hormon ini berperan dalam mengelola suasana hati, membuat tidur lebih nyenyak, serta membuat bayi merasa tenang dan senang.

Melancarkan saluran pencernaan

Kandungan lainnya yang banyak terdapat pada labu kuning adalah karbohidrat kompleks dan serat. Kedua nutrisi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan bayi dan mencegah bayi mengalami sembelit. 

Baca Juga: Encok Bisa Menyerang Siapa Saja, Ini Cara Tepat untuk Mengatasinya

Menjaga kesehatan mata

Warna kuning dan oranye pada buah labu berasal dari kandungan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin ini sangat baik untuk mendukung kesehatan mata bayi.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Antioksidan yang terdapat pada labu tidak hanya berasal dari vitamin C, tetapi juga dari asam folat, zat besi, dan vitamin E. Selain membantu menangkal paparan radikal bebas, antioksidan juga baik untuk membentuk imunitas tubuh bayi. 

Membuat kulit menjadi sehat

Selain baik untuk mata, beta karoten yang terkandung pada labu kuning bisa bertindak sebagai antioksidan yang mampu menghalau bahaya paparan radikal bebas dan sinar matahari berlebih pada kulit.

Bayi bisa saja mengalami alergi setelah mengonsumsi labu kuning. Jika Si Kecil tampak rewel, gatal-gatal, muncul ruam di kulit, atau mual muntah setelah mengonsumsi labu kuning, sebaiknya segera periksakan ke dokter anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News