HOME, Keluarga

Mitos Seputar Kebersihan Rumah yang Banyak Dilakukan, Apa Saja?

Mitos Seputar Kebersihan Rumah yang Banyak Dilakukan, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Membersihkan rumah sudah menjadi kegiatan wajib bagi setiap penghuni rumah. Tak hanya menjaga penampilan rumah agar terlihat cantik, membersihkan rumah juga dapat meningkatkan kesehatan penghuninya karena terhindar dari kotoran, debu, dan partikel merugikan lainnya.

Saat ini, Anda dapat menemukan beragam tips dan trik membersihkan rumah di beragam tempat, misalnya internet atau majalah. Tips dan trik yang disarankan pun terdengar cukup meyakinkan, sehingga seringkali Anda langsung mempraktikannya.

Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua tips dan trik tersebut benar? Faktanya, beberapa tips dan trik yang beredar di internet termasuk mitos dan terbukti salah. Bahkan, ada beberapa tips dan trik yang dapat merusak rumah, lo.

Tidak mau kan, rumah makin rusak dan kotor karena mengikuti tips dan trik yang salah? Yuk, ketahui apa saja mitos-mitos kebersihan rumah tersebut. Dilansir dari Real Simple dan Insider, berikut beberapa mitos seputar kebersihan rumah yang kebenarannya tidak terbukti.

Baca Juga: Mau Beli Vacuum Cleaner Portable? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Cuka dan pemutih pakaian untuk pembersih serbaguna

Cuka dan pemutih pakaian alias bleach merupakan barang rumah tangga yang sering disarankan sebagai bahan pembersih serbaguna di rumah. Walaupun memang dapat membersihkan kotoran dan noda yang membandel, tidak semua barang di rumah cocok untuk dibersihkan dengan cuka dan pemutih pakaian.

Pasalnya, cuka merupakan bahan yang acidic atau asam, sedangkan pemutih pakaian merupakan bahan kimia keras. Penggunaan cuka yang berlebihan bisa merusak beberapa material seperti komponen elektronik, granit, dan kayu, sedangkan pemutih pakaian dapat merusak kain, mengiritasi kulit, dan berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan.

Sebelum menggunakan cuka atau pemutih pakaian, Anda dapat mengetesnya dulu di bagian tersembunyi untuk memastikan bahan tersebut tidak bereaksi buruk dengan permukaan yang dibersihkan. Jangan lupa untuk menggunakan pelindung seperti masker atau sarung tangan.

Kemoceng bisa membersihkan debu

Kemoceng merupakan salah satu alat yang sering digunakan untuk membersihkan debu yang menempel pada permukaan rumah. Namun, tahukah Anda bahwa kemoceng tidak membersihkan debu secara menyeluruh?

Ya, kemoceng sebenarnya hanya dapat menggeser atau menyingkirkan debu dari permukaan tanpa benar-benar mengangkatnya, sehingga permukaan belum bersih dengan sepenuhnya. Solusinya, Anda dapat menggunakan kemoceng untuk menyingkirkan debu, kemudian gunakan kain basah atau vacuum cleaner untuk mengangkat debu yang tersisa.

Baca Juga: Hati-Hati, 7 Area Ini Sering Terlewat Saat Membersihkan Rumah!

Pengharum ruangan dapat membersihkan udara

Saat sedang membersihkan ruangan, tak jarang orang menyemprotkan pengharum atau penyegar udara. Walaupun memang dapat membuat ruangan terasa segar, sebenarnya penggunaan pengharum atau penyegar udara tidak dapat membersihkan ataupun memurnikan udara. Sesuai namanya, fungsi pengharum ruangan hanyalah untuk memberikan wangi-wangian pada suatu ruangan.

Jika Anda ingin membersihkan udara di dalam ruangan, gunakan air purifier atau semprotan yang memang didesain untuk membersihkan udara dari partikel-partikel yang merugikan.

Menggunakan deterjen lebih banyak supaya pakaian makin bersih

Saat mencuci pakaian, mungkin Anda berpikir pakaian akan makin bersih jika menggunakan deterjen lebih banyak. Padahal, menggunakan deterjen yang terlalu banyak saat mencuci malah akan merugikan Anda sendiri.

Pasalnya, deterjen yang berlebih dapat menumpuk di pakaian dan meninggalkan residu. Tak hanya membuat pakaian sulit bersih dengan sempurna, residu deterjen yang tertinggal di pakaian juga dapat mengiritasi kulit.

Nah, itulah beberapa mitos seputar kebersihan rumah yang mungkin pernah Anda lakukan secara tidak sadar. Ingat, jangan langsung menelan mentah-mentah tips yang Anda dapatkan dan cek dulu kebenarannya.

Selanjutnya: 5 Rekomendasi Warna Cat Kamar yang Menenangkan, Tidur Makin Rileks!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News