HOME, Keluarga

Merusak Pakaian, Ini Kesalahan Umum Saat Menjemur Pakaian yang Harus Dihindari

Merusak Pakaian, Ini Kesalahan Umum Saat Menjemur Pakaian yang Harus Dihindari

MOMSMONEY.ID - Setelah mencuci pakaian, kegiatan yang selanjutnya dilakukan tentu adalah menjemur pakaian-pakaian tersebut.

Menjemur pakaian kelihatannya memang pekerjaan yang mudah. Tinggal bentangkan pakaian, gantung di jemuran, lalu biarkan kering di bawah sinar matahari.

Padahal, seperti pekerjaan rumah tangga yang lainnya, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat menjemur pakaian. Akibatnya, pakaian yang dijemur bisa rusak, pudar, bahkan melar.

Tidak mau kan hal-hal tersebut terjadi? Kalau begitu, yuk ketahui dulu apa saja kesalahan-kesalahan tersebut. Dilansir dari laman Attack Indonesia, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Awas, Hindari 5 Kesalahan Berikut Saat Mengepel Lantai

Membalik pakaian dalam saat dijemur

Mungkin Anda pernah mendengar tips untuk membalik pakaian saat dijemur supaya tidak mudah pudar oleh cahaya matahari. Tips tersebut memang benar, tapi tidak berlaku untuk pakaian dalam.

Ketika dibalik, partikel udara seperti debu dan kuman bisa menempel pada bagian dalam pakaian saat dijemur. Karena langsung bersentuhan dengan bagian kulit yang sensitif, hal ini tentu bisa membahayakan kesehatan kulit dan organ intim Anda.

Tidak membalik pakaian biasa saat dijemur

Berkebalikan dengan poin sebelumnya, Anda justru disarankan untuk membalik pakaian biasa saat dijemur.

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, membalik pakaian saat akan dijemur akan mengurangi risiko warna pudar akibat sinar matahari. Selain itu, membalik pakaian juga dapat menjaga kualitas sablonnya, terutama jika matahari sedang terik.

Tidak segera menjemur pakaian

Terkadang, orang-orang suka menunda untuk menjemur pakaian setelah selesai mencuci. Padahal, kebiasaan ini bisa berakibat buruk pada pakaian.

Sebab, pakaian lembap yang dibiarkan menumpuk akan membuat pakaian terlihat kusut dan berbau apek. Bahkan, bisa saja muncul jamur di pakaian yang dibiarkan dalam kondisi lembap.

Baca Juga: Karakteristik Rumah Gaya Eropa, Klasik dan Memanjakan Mata

Menjemur di bawah sinar matahari terik

Sinar matahari dan udara yang panas memang sangat membantu dalam proses menjemur pakaian. Namun, sinar matahari yang terlalu terik dan panas juga dapat berakibat buruk pada pakaian.

Misalnya, warna pakaian bisa pudar dan sablon pada pakaian dapat mengelupas. Bahkan, jenis-jenis kain tertentu juga bisa mengeras. Solusinya, Anda bisa menjemur pakaian di tempat yang teduh sehingga tidak langsung terkena sinar matahari.

Menggantung pakaian berbahan melar

Beberapa jenis pakaian memiliki jenis bahan yang berat dan mudah melar, misalnya sweater. Pakaian dengan bahan tersebut sebaiknya tidak dijemur dengan cara digantung, sebab berat pakaian malah akan membuatnya makin molor.

Solusinya, Anda bisa menggunakan jemuran handuk untuk menjemur sweater. Bentangkan sweater, kemudian letakkan di atas jemuran handuk tanpa digantung. Biarkan kering seperti biasa.

Nah, itulah beberapa kesalahan umum yang kerap dilakukan saat menjemur pakaian. Bagaimana, adakah kesalahan yang pernah Anda lakukan? Jika ya, yuk segera hentikan kebiasaan tersebut supaya kualitas pakaian Anda tetap terjaga.

Selanjutnya: Cocok untuk Kamar Kost, Ini Inspirasi Kamar Tidur Model Lesehan yang Simpel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News