HOME, Keluarga

Mengenal Skylight, Kaca Atap yang Bikin Rumah Makin Cerah

Mengenal Skylight, Kaca Atap yang Bikin Rumah Makin Cerah

MOMSMONEY.ID - Anda mungkin pernah membaca kata atau istilah skylight saat sedang melihat-lihat inspirasi desain interior rumah, lalu bertanya-tanya apa itu skylight karena istilahnya terasa asing.

Padahal, mungkin saja Anda pernah menjumpai atau melihat skylight di kehidupan sehari-hari, lo. Pernah melihat panel kaca yang dipasang di atap atau langit-langit rumah atau bangunan lainnya? Atau, justru ada panel kaca seperti itu di rumah Anda? Ya, itulah yang dinamakan skylight.

Ingin tahu lebih banyak soal skylight? Yuk, simak penjelasannya di bawah!

Baca Juga: Inspirasi Kamar Mandi Mewah, Seperti Tinggal di Hotel Bintang Lima!

Apa itu skylight?

Dilansir dari The Spruce, skylight adalah panel kaca yang dipasang di bagian langit-langit atau atap rumah. Panel kaca ini umumnya tidak bisa dibuka layaknya jendela, walaupun ada beberapa model skylight yang bisa dibuka.

Skylight berfungsi untuk membantu memasukkan cahaya alami ke dalam ruangan, sehingga dapat membantu menerangi interior rumah saat siang hari.

Karena fungsinya tersebut, skylight cocok digunakan bagi Anda yang tinggal di lingkungan sempit dan padat sehingga sulit mendapatkan akses sinar matahari secara maksimal. Skylight juga cocok untuk rumah luas dengan satu lantai karena dapat membantu menerangi bagian tengah rumah.

Kelebihan skylight

Seperti yang tertulis di atas, salah satu kelebihan skylight adalah dapat membantu menerangi ruangan yang gelap atau suram.

Dikutip dari Architecture & Design Australia, kelebihan skylight tak hanya sekadar menerangi ruangan saja. Cahaya yang masuk ke ruangan melalui skylight pun bisa membuat suasana ruangan menjadi estetik dan instagrammable.

Lalu, skylight juga diklaim bisa menghemat energi dan ramah lingkungan karena Anda tidak perlu menyalakan lampu di siang hari, karena cahaya dari skylight sudah cukup untuk menerangi isi rumah.

Bahkan, skylight dapat membantu menjaga mood Anda, lo. Pasalnya, ruangan yang memiliki pencahayaan yang baik diketahui dapat meningkatkan mood penghuninya dengan cara membantu tubuh memproduksi lebih banyak serotonin yang dapat mengurangi rasa cemas dan depresi.

Baca Juga: 4 Ide Desain Dapur Kecil yang Tetap Nyaman dan Fungsional

Kekurangan skylight

Di balik semua kelebihannya, tentu skylight memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda jadikan pertimbangan. Namun jangan khawatir, ada solusi-solusi tertentu yang bisa membantu mengatasi kekurangan ini.

Karena mengandalkan cahaya matahari untuk menerangi ruangan, keberadaan skylight juga berpotensi memasukkan hawa panas matahari ke dalam ruangan. Jadi, skylight dapat memicu penggunaan kipas dan pendingin ruangan yang berlebihan apabila hawa ruangan dirasa terlalu panas.

Selain itu, kaca skylight yang transparan juga dapat memunculkan masalah privasi penghuni rumah. Solusinya, Anda bisa menggunakan etched glass atau kaca berukir. Atau, gunakan frosted glass atau kaca buram yang bisa memberikan privasi, namun tetap meloloskan cukup banyak cahaya matahari ke dalam ruangan.

Terakhir, karena skylight merupakan kaca yang dipasang di atap atau langit-langit, tentu saja risiko terbesarnya adalah pecah karena tertimpa sesuatu, misalnya dahan pohon yang ambruk. Untuk menghindari masalah ini, Anda bisa menggunakan kaca atau bahan lainnya yang shatter-proof dan memastikan skylight dipasang secara profesional sehingga lebih kuat.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai apa itu skylight. Bagaimana, tertarik memasangnya di rumah Anda?

Selanjutnya: Inspirasi Ruang Makan Monokrom yang Minimalis dan Cozy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News