HOME, Keluarga

Inspirasi Ruang Makan Monokrom yang Minimalis dan Cozy

Inspirasi Ruang Makan Monokrom yang Minimalis dan Cozy

MOMSMONEY.ID - Ruang makan bernuansa monokrom tak jarang menjadi pilihan saat akan mendesain ruang makan yang minimalis. Pasalnya, warna-warna monokrom yang simpel sangat cocok untuk dikombinasikan dalam gaya minimalis.

Namun, palet warna monokrom yang berkisar pada warna hitam dan putih cenderung membatasi kreativitas penghuni rumah saat akan mengombinasikan warna-warna tersebut. Jika tidak dilakukan dengan benar, kombinasi warna monokrom di ruang makan bisa terlihat membosankan dan membuat penghuni rumah tidak nyaman.

Di bawah ini ada beberapa contoh ruang makan dengan palet warna monokrom yang tetap terlihat minimalis dan cozy. Siapa tahu, ada inspirasi yang bisa Anda tiru dari desain ruang makan di bawah.

Baca Juga: Inspirasi Wallpaper Motif Hewan yang Cocok untuk Kamar Anak

Dinding hitam yang tegas 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Article (@article)

Umumnya, ruangan monokrom menggunakan dinding berwarna putih. Namun, bagi sebagian orang, warna ini bisa terasa agak datar dan monoton. Coba tengok gambar ruang makan di atas yang terlihat berbeda walaupun menggunakan warna monokrom.

Untuk menampilkan suasana ruang makan monokrom yang berbeda, coba gunakan warna hitam pekat pada satu sisi dinding yang berfungsi sebagai aksen. Anda cukup menggunakan warna ini di satu sisi dinding saja supaya ruangan tidak terasa gelap.

Kemudian, supaya ruang makan Anda terlihat minimalis, gunakan furnitur dengan desain yang simpel dan warna-warna netral yang senada. Jangan lupa untuk memperhatikan perpaduan warna di dalam ruang makan supaya terlihat serasi.

Meja bundar yang simpel

Meja persegi panjang yang umumnya digunakan dalam ruang makan memang terlihat klasik dan ramping, tapi tak jarang penampilan meja seperti itu membuat ruangan terasa kaku.

Sebagai alternatif, coba gunakan meja bundar yang simpel seperti pada gambar ruang makan di atas. Menggunakan meja bundar berbahan kayu dengan finishing alami, suasana ruang makan terasa sederhana. Pertahankan kesan monokrom pada ruang makan dengan menggunakan warna-warna hitam dan putih yang dominan.

Terakhir, Anda bisa memaksimalkan pencahayaan di dalam ruang makan melalui jendela-jendela yang dibuka lebar. Selain membantu memberi kesan lapang, penggunaan cahaya alami dapat menghemat konsumsi listrik dari lampu.

Baca Juga: Tengok Referensi Dapur Minimalis dari 5 Akun Instagram Ini

Perpaduan warna gelap

Anda tidak harus menggunakan warna putih bersih sebagai warna utama pada ruang makan bernuansa monokrom. Coba kombinasikan dengan beragam warna gelap supaya ruang makan Anda tetap terasa berbeda.

Walaupun tetap menggunakan warna putih pada dindingnya, ruang makan di atas menggunakan perpaduan warna gelap pada lantai, meja, dan kursinya.

Namun, supaya ruangan tidak terasa sumpek dan gelap, hindari penggunaan warna gelap yang pekat seperti hitam. Ruang makan di atas menggunakan perpaduan warna coklat dan abu-abu yang tidak terlalu pekat sehingga ruangan masih terasa nyaman.

 Aksen keemasan yang elegan

Supaya ruang makan Anda tidak terlihat membosankan dengan warna monokrom, coba gunakan warna aksen yang menyolok. Untuk kesan yang mewah dan elegan, gunakan warna metalik seperti warna emas, perak, atau perunggu.

Ruang makan di atas menggunakan palet warna monokrom standar. Warna putih menjadi warna dasar yang mendominasi ruangan, lalu ada tambahan warna hitam yang kontras pada kursi. Sebagai pelengkap, ada material kayu pada meja makan.

Namun, yang membuat ruang makan tersebut terlihat berbeda adalah penggunaan aksen warna keemasan di beberapa tempat, seperti rangka lampu, kaki kursi, dan tiang gorden. Jadi, walaupun menggunakan warna monokrom, ruang makan Anda tetap menarik dengan aksen keemasan yang elegan.

Nah, itulah beberapa contoh ruang makan monokrom yang bisa Anda tiru di rumah. Walaupun menggunakan warna monokrom, bukan berarti ruang makan Anda akan terlihat monoton dan membosankan, kan?

Selanjutnya: Inspirasi Kamar Warna Lilac yang Manis dan Anggun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News