HOME, Keluarga

Mengenal Sitrun, Bahan Pembersih Alami yang Serbaguna!

Mengenal Sitrun, Bahan Pembersih Alami yang Serbaguna!

MOMSMONEY.ID - Pernahkah moms mendengar soal sitrun? Bahan dapur yang satu ini memiliki segudang manfaat di luar keperluan dapur, terutama untuk membersihkan berbagai peralatan rumah tangga.

Karena kemampuannya yang serbaguna, tak jarang sitrun disebut-sebut sebagai pengganti baking soda atau soda kue yang sudah lebih dulu populer sebagai bahan pembersih serbaguna. 

Nah, jika moms penasaran apa itu sitrun dan apa saja kegunaannya, yuk simak artikel ini!

Baca Juga: Catat, Ini Cara Mudah Untuk Membersihkan AC

Apa itu sitrun?

Sitrun umumnya dikenal dengan nama asam sitrun atau citric acid. Komponen ini secara alami terdapat dalam buah sitrus seperti jeruk atau lemon.

Di pasaran, sitrun biasanya dijumpai dalam bentuk bubuk kristal berwarna putih. Harganya pun murah dan tersedia di mana-mana, sehingga sangat terjangkau di kalangan mana pun.

Apa saja kegunaan sitrun?

Dikutip dari chemicalsafetyfacts.org, umumnya  bahan ini digunakan untuk memberikan rasa asam pada makanan sekaligus berfungsi sebagai pengawet makanan.

Di luar kegunaannya sebagai penambah rasa dan pengawet makanan, sitrun banyak digunakan dalam industri lain, seperti industri kecantikan, farmasi, dan pertanian. Namun, salah satu kegunaan sitrun yang paling terkenal adalah sebagai bahan pembersih rumah tangga yang alami.

Dilansir dari wellandgood.com, bubuk sitrun dapat menghilangkan kotoran, minyak, dan kerak yang mengumpul di berbagai permukaan, misalnya lantai keramik atau gelas. Sitrun juga kerap digunakan sebagai penjernih air karena sifatnya yang dapat menghilangkan kotoran.

Cara menggunakannya sendiri cukup bervariasi, tergantung pada permukaan yang ingin dibersihkan. Berikut beberapa contoh penggunaan sitrun:

  • Membersihkan noda kopi dan teh di gelas
  • Membersihkan kloset
  • Membersihkan keramik kamar mandi yang menguning
  • Menghilangkan karat pada peralatan besi
  • Membersihkan permukaan dapur yang berminyak

Baca Juga: Terapkan Langkah Ini Untuk Membersihkan Rumah Pasca Isoman Covid-19

Apakah sitrun aman untuk digunakan?

Pertanyaannya, walaupun bersifat alami, apakah sitrun aman digunakan sehari-hari?

Menurut Badan Food and Drug Administration (FDA) Amerika, sitrun bersifat GRAS atau generally recognized as safe (umumnya dikenal aman). Karena digunakan dalam proses produksi makanan, secara logika sitrun aman untuk digunakan.

Selain itu, karena sitrun termasuk bahan alami yang banyak ditemukan dalam makanan seperti buah jeruk dan lemon, maka sitrun tidak akan berdampak buruk pada lingkungan. Jadi, sitrun bisa digunakan sebagai alternatif pembersih alami yang ramah lingkungan.

Namun, menggunakan sitrun juga tidak boleh sembarangan. Menurut U.S. National Institute for Occupational Safety and Health, menghirup sitrun dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti batuk, napas pendek, dan sakit tenggorokan. Karena itu, sebaiknya moms memakai pelindung seperti masker atau sarung tangan saat menggunakan sitrun.

Itulah beberapa kegunaan dan manfaat sitrun untuk kebersihan rumah. Bagaimana, menarik sekali kan kegunaan sitrun? Apakah moms tertarik untuk mencobanya?

Selanjutnya: Moms, Coba Cara Ini untuk Menghilangkan Bekas Ompol dan Bau Pesing di Kasur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News