HOME, Keluarga

Catat, Ini Cara Mudah Untuk Membersihkan AC

Catat, Ini Cara Mudah Untuk Membersihkan AC

MOMSMONEY.ID - Membersihkan AC atau air conditioner secara rutin seringkali dilewatkan begitu saja oleh pemiliknya, bahkan tidak dilakukan sama sekali. Padahal, penting untuk selalu menjaga kebersihan unit AC.

Mengapa? Pasalnya, AC yang dibersihkan secara rutin akan menjaga kualitas udara yang dikeluarkan. AC yang bersih juga akan menjaga efisiensi energi dan biaya listrik yang stabil.

Jika kotoran dan debu yang ada di dalam AC menumpuk, AC akan bekerja lebih keras untuk mencapai suhu ruangan yang dingin. Akibatnya, energi dan biaya listrik yang dikeluarkan akan lebih mahal. Bahkan, bisa saja AC tidak mengeluarkan udara dingin seperti seharusnya.

Baca Juga: Ingin Menjajal Produk Smart Home? Coba Produk Best Seller dari Bardi Berikut Ini

Bila kotoran dan debu yang menumpuk dalam AC tidak terlalu parah, Anda bisa membersihkannya sendiri tanpa harus memanggil profesional. Dirangkum dari Choice Australia, Real Simple, dan Cnet, berikut cara mudah untuk membersihkan AC sendiri.

Sebelum membersihkan AC

Sebelum Anda mulai membersihkan AC sendiri, mulailah dengan memeriksa buku petunjuk penggunaan AC untuk memahami bagian-bagian AC apa saja yang akan dibersihkan, dan bagaimana cara mengaksesnya.

Alternatifnya, Anda bisa mencoba mencari dan mengunduh buku panduannya secara digital lewat situs resmi pabrik AC.

Kemudian, matikan AC sebelum dibersihkan. Hal ini penting dilakukan untuk memutus aliran listrik yang berpotensi membahayakan keselamatan saat proses pembersihan AC.

Jika sudah dilakukan, Anda bisa melanjutkan ke proses membersihkan AC.

Membersihkan AC

Bagian utama AC yang wajib dibersihkan adalah filter atau penyaring yang ada di bagian dalam AC.

Filter berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu dari udara luar sehingga udara di dalam mesin AC menjadi bersih dan mempermudah kinerja AC. Filter yang terhalang tumpukan debu dan kotoran dapat menghambat kinerja AC.

Sebaiknya Anda membersihkan filter AC setiap beberapa minggu sekali, tergantung seberapa sering Anda menggunakan AC. Semakin sering Anda menggunakan AC, maka Anda harus semakin sering membersihkannya.

Baca Juga: Simak Cara Sederhana untuk Menghemat Listrik di Rumah

Berikut cara mudah membersihkan filter AC:
  • Buka penutup AC dan keluarkan filter dari tempatnya.
  • Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada filter menggunakan kemoceng, sikat, atau vacuum cleaner.
  • Jika masih terdapat kotoran di permukaan filter, Anda bisa mencucinya dengan air dan sabun. Pastikan Anda mencucinya dengan lembut supaya tidak merusak filter.
  • Jika filter sudah bersih, keringkan dengan kain atau biarkan kering dengan sendirinya.
  • Tunggu hingga filter kering sempurna, kemudian masukkan kembali ke dalam AC.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Berikut Cara Memilih Kasur yang Tepat untuk Anda

Selain filter, Anda juga bisa membersihkan bagian kisi-kisi AC karena bagian tersebut juga rawan kotor oleh debu. Beberapa jenis AC bahkan memiliki kisi-kisi yang bisa dilepas untuk mempermudah proses membersihkan.

Hampir sama seperti membersihkan filter, Anda tinggal menyapu bersih debu dan kotoran di bagian kisi-kisi menggunakan kemoceng, lap kering, atau vacuum cleaner. Bersihkan juga area sekitar kisi-kisi secara menyeluruh.

Untuk membersihkan unit luar AC, anda cukup membersihkan bagian luarnya menggunakan vacuum cleaner atau sikat.

Setelah bagian-bagian tersebut selesai dibersihkan, AC siap digunakan seperti semula.

Nah, itulah cara mudah untuk membersihkan AC. Jika Anda merasa repot membersihkan AC karena takut merusak komponen-komponennya, tak ada salahnya memanggil tukang servis yang profesional.

Semoga artikel ini berguna, ya. Selamat mempraktekkan!

Selanjutnya: Catat, Beberapa Bahan Alami Pengganti Pestisida yang Ramah Lingkungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News