HOME, Keluarga

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Pintu Geser, Yuk Pahami!

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Pintu Geser, Yuk Pahami!

MOMSMONEY.ID - Ketika memilih pintu untuk rumah, biasanya kita akan dihadapkan oleh beragam jenis pintu, mulai dari pintu panel hingga pintu geser.

Pintu geser atau sliding door merupakan salah satu jenis pintu yang populer digunakan di berbagai rumah. Sesuai dengan namanya, pintu ini memiliki mekanisme yang memungkinkan Anda membuka pintu dengan menggesernya.

Nah, jika Anda tertarik untuk memasang pintu geser di rumah, yuk pahami dulu kelebihan dan kekurangan dari jenis pintu yang satu ini!

Baca Juga: Ingin Rumah Tampak Lebih Mewah? Gunakan Dekorasi Berikut Ini

Kelebihan Pintu Geser

Menghemat ruangan

Dikutip dari Doorfit, bila dibandingkan dengan pintu biasa yang perlu mengayun ke dalam sehingga memakan sebagian ruangan, pintu geser hanya memerlukan area di bagian dinding supaya pintunya bisa dibuka dan ditutup dengan leluasa. Jadi, pintu geser cenderung ideal untuk ruangan yang berukuran kecil.

Mengoptimalkan pencahayaan di ruangan

Melansir Decortips.com, pencahayaan di suatu ruangan akan terasa lebih optimal jika Anda menggunakan pintu geser yang terbuat dari kaca. Supaya efeknya semakin maksimal, gunakan cat dinding berwarna terang pada ruangan yang dipasangi pintu tersebut.

Menambah estetika ruangan

Sama seperti pintu lainnya, pintu geser biasanya hadir dalam berbagai jenis desain yang bisa disesuaikan dengan selera. Anda pun bebas memilih desain pintu geser yang dapat menambah estetika dan kesan elegan di dalam rumah.

Memberi kesan luas

Pintu geser dapat digunakan sebagai partisi antara dua ruangan. Ketika pintu geser tersebut dibuka sepenuhnya, akan ada kesan seakan-akan dua ruangan tersebut menyatu, sehingga memberi kesan yang lebih luas dan lapang.

Baca Juga: 4 Tips Mengurangi Limbah Rumah Tangga, Lingkungan Makin Lestari!

Kekurangan Pintu Geser

Menghilangkan privasi

Dilansir dari laman Wadsworth Glass, pintu geser yang terbuat dari kaca dapat menghilangkan privasi karena orang lain mudah melihat ke dalam ruangan. Namun, hal ini tentu bukan masalah jika Anda menggunakan pintu geser berbahan lain, misalnya kayu.

Baca Juga: Kamar Tidur Berbau Tidak Sedap? Mungkin Hal-Hal Ini Penyebabnya

Mudah terhalang debu dan kotoran

Pintu geser biasanya dipasang dengan railing atau jalur khusus yang memungkinkan Anda membuka-tutup pintu dengan lebih lancar. Namun, jika tidak dirawat dengan baik, kotoran dan debu dapat mengumpul di jalur ini dan membuat pintu terhambat saat digeser.

Berisik saat digunakan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, pintu geser cenderung lebih berisik dibandingkan pintu ayun biasa karena akan selalu bergesekan dengan railing-nya saat dibuka. Jadi, pintu geser mungkin bukan jenis pintu yang ideal untuk kamar tidur karena dapat mengganggu kenyamanan beristirahat.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan pintu geser yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News