HOME, Santai

Mengenal Algoritma dalam Ilmu Komputer, Apa Itu dan Bagaimana Ciri-Cirinya?

Mengenal Algoritma dalam Ilmu Komputer, Apa Itu dan Bagaimana Ciri-Cirinya?

MOMSMONEY.ID - Dalam bermain sosial media, algoritma tentunya memiliki peran penting sebagai penentu aturan sebuah mesin operasi komputer.

Menurut Wikipedia, algoritma merupakan prosedur atau langkah-langkah perhitungan yang digunakan dalam matematika dan ilmu komputer untuk proses perhitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

Sedangkan menurut laman BBC, algoritma adalah sederet aturan yang harus diikuti agar bisa menyelesaikan permasalahan. Yang kemudian diterapkan dalam ilmu komputer. 

Baca Juga: Aplikasi Classrom Permudah Belajar Daring

Nantinya aturan dan susunan yang telah dibuat akan disusun secara sistematis dan digunakan untuk memecahkan suatu masalah dan diimplementasikan sebagai program komputer.

Dalam ilmu komputer, algoritma memiliki ciri ciri yang biasa digunakan sebagai panduannya. Melansir dari laman Code Sansar, algoritma memiliki 5 karakteristik atau ciri.

Yang pertama disebut dengan fitiness. Dalam karakteristik ini artinya algoritma harus memiliki beberapa langkah jelas dan dilakukan dalam waktu tertentu.

Selanjutnya algoritma juga harus memiliki input atau masukan. Namun beberapa sistem algoritma juga terkadang tidak perlu memiliki input sama sekali.

Baca Juga: Jumlah Penjual di Lazada Tumbuh Signifikan Selama Pandemi

Setelah memasukan input dan melakukan proses, tentu saja sebuah sistem algoritma memiliki output atau keluaran. Yang merupakan hasil dari input dan proses atau langkah yang telah ditetapkan di awal.

Algoritma juga memiliki karakteristik yaitu definiteness, yang artinya memiliki step atau langkah yang jelas selama berjalannya proses. Karakteristik ini juga mengharuskan sebuah langkah algoritma tidak ambigu.

Karakteristik algoritma yang terakhir adalah efektif. Sebuah proses atau langkah algoritma harus memiliki langkah yang simple atau mudah diikuti oleh orang awam dalam batasan waktu yang telah ditetapkan.

Algoritma sendiri memiliki manfaat yang memudahkan proses komunikasi penggunanya, permasalahan atau bug juga dapat dengan mudah diatasi melalui algoritma.

Selain itu algoritma juga memiliki manfaat yang mempermudah proses efektivitas coding. Algoritma berperan sebagai blueprint atau kisi-kisi yang dapat digunakan dalam proses coding.

Selanjutnya: Ini Dia Deretan Drama Choi Tae Joon, Calon Suami Park Shin Hye

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News