HOME, Santai

Aplikasi Classrom Permudah Belajar Daring

Aplikasi Classrom Permudah Belajar Daring

MOMSMONEY.ID - Sejak pandemi melanda, seluruh aktivitas usaha berubah drastis. Termasuk kegiatan belajar mengajar, yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka kini harus dilakukan secara daring atau online. Geseran kelas secaraonline dapat menjadi tantangan sekaligus peluang, terutama di lokasi-lokasi di mana pengajar dan siswa sangat mengandalkan ponsel, entah karena keterbatasan konektivitas atau karena ingin mengerjakan tugasnya dari mana saja.

Di negara-negara seperti Indonesia, Brasil, India, dan Meksiko, banyak siswa dan pengajar yang mengakses materi sekolah menggunakan ponsel, sehingga pengalaman seluler yang lancar saat menggunakan aplikasi menjadi semakin penting.

Google Classroom merupakan aplikasi populer, dimana berbagai fitur yang tersedia didalmnya dapat mendukung pembelajaran jarak jauh secara efisien.

Untuk lebih jelasnya, berikut tiga fitur yang didesain khusus untuk meningkatkan pengalaman Classroom di perangkat seluler.

Baca Juga: 5 Cara untuk Mengembangkan Kontrol Diri yang Baik pada Anak
 

1. Menggunakan Classroom secara offline

Dengan kemampuan offline baru di aplikasi Classroom Android, siswa dapat mengerjakan tugas sekolah dan terus belajar kapan pun, di mana pun. Bahkan saat akses internet sedang tidak stabil atau tidak tersedia sama sekali.

Tak hanya itu, siswa juga dapat dengan mudah menyimpan file tugas sekolahnya untuk diakses secara offline dan menyelesaikan pekerjaan rumah dari ponsel tanpa perlu terhubung ke internet.

Fitur ini sangat berguna saat pengguna kehilangan akses internet, entah karena cuaca badai atau mati lampu. Fitur ini juga membantu pengguna mengoptimalkan pemakaian data selulernya. Di mana pun siswa berada dan bagaimanapun kondisi internetnya, mereka dapat mengandalkan dukungan offline Classroom untuk terus belajar kapan pun, di mana pun.  

Baca Juga: Inilah Perbedaan Physical, Chemical dan Hybrid Sunscreen, Sudah Tahu?

2. Cara yang lebih mudah untuk mengupload gambar tugas sekolah

Dengan semakin banyaknya sekolah yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, jumlah gambar yang diupload ke Classroom juga mengalami kenaikan. Siswa sering mengambil dan mengirim foto tugas sekolah yang masih perlu ditulis dengan tangan, misalnya seperti pekerjaan rumah Matematika atau IPA.

Aplikasi Android Classroom kini dilengkapi fitur pemindaian praktis yang dapat digunakan siswa untuk mengambil atau menggabungkan beberapa gambar menjadi satu file.

Saat hendak mengupload gambar, kini pengguna dapat memilih dan mengirim berbagai jenis file dalam satu langkah mudah. Peningkatan ini membantu siswa untuk mengirim tugas sekolahnya dengan lebih efisien, bahkan jika mereka sedang terburu-buru untuk memenuhi tenggat waktu.

Baca Juga: Ultah ke-2, San Gyu by Hangry Rilis Menu Spesial

3. Peningkatan pada pengalaman pemberian nilai tugas di perangkat seluler

Lewat aplikasi Classrom, Google juga mengupdate fitur pemberian nilai via perangkat seluler untuk membantu pengajar memeriksa dan menilai tugas siswa dengan mudah melalui ponsel. Pengajar kini dapat berpindah-pindah dengan lancar antara siswa, tugas, dan memberi nilai sambil memeriksa tugasnya di aplikasi.

Proses pemberian masukan untuk siswa juga kami tingkatkan. Pengajar kini dapat memberikan komentar di masing-masing file (bahkan jika ada beberapa file dalam satu tugas) atau menandai bagian spesifik untuk diberi komentar. Peningkatan ini dapat membantu pengajar untuk menandai area mana saja yang perlu ditingkatkan lagi oleh siswa.

Dengan adanya tiga update fitur aplikasi Classroom untuk Android ini akan memberikan pengalaman seluler yang lebih baik kepada pengajar dan siswa, sehingga dapat tercipta lingkungan pembelajaran yang suportif, inklusif, dan produktif di mana saja.

Selanjutnya: Santika Online Travel Fair Gelar Promo Hotel Mulai Rp 200 Ribu, Termasuk Sarapan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News