HOME, Bugar

Inilah Perbedaan Physical, Chemical dan Hybrid Sunscreen, Sudah Tahu?

Inilah Perbedaan Physical, Chemical dan Hybrid Sunscreen, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Kini, produk sunscreen semakin banyak jenisnya seperti physical, chemical dan hybrid sunscreen. Tentunya ketiga jenis sunscreen memiliki ciri dan keuntungan yang berbeda-beda. Agar anda lebih memahami perbedaan dari ketiga jenis sunscreen tersebut. Berikut penjelasan singkat tentang perbedaan physical, chemical dan hybrid susncreen, yaitu: 

1. Physical Sunscreen

Sunscreen Acnes

Physical sunscreen melindungi kulit dengan memantulkan sinar UVA dan UVB dan bekerja instan, serta aman digunakan pada anak-anak dan ibu hamil. Physical sunscreen tidak menimbulkan iritasi dan menyumbat pori-pori wajah. Selan itu, physical juga tahan lama saat digunakan tetapi bisa luntur saat terkena air. Melansir dari anessa.id, inilah beberapa ciri-ciri physical susncreen, yaitu 

  • Memiliki tekstur padat, kental dan cenderung lengket di kulit 
  • Langsung aktif bekerja melindungi kulit setelah diaplikasikan pada kulit 
  • Meninggalkan whitecast pada kulit, namun tidak menyumbat pori-pori
  • Umumnya physical sunscreen mengandung mineral seperti Titanium dioxide dan Zinc Oxide yang tergolong ke dalam photostability yang baik, di mana physical sunscreen dapat menghalangi radiasi dari sinar UV agar tidak menyerap di kulit. 

Baca Juga: Inilah Cara Mendapatkan Bibir Lembab dan Sehat, Cobain Yuk!

2. Chemical Sunscreen

Sunscreen Emina

Chemical sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar matahari, dimana butuh aktu 20-30 menit untuk efektif. Chemical sunscreen lebih sering disebut sebagai ‘sunscreen’ saja. Melansir dari anessa.id,Inilah ciri-ciri dari chemical susncreen yaitu :

  • Memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap di kulit 
  • Baru aktif bekerja setelah 20-30 menit diaplikasikan pada kulit 
  • Tidak meninggalkan whitecast, namun rentan menyumbat pori yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti minyak berlebih, jerawat, dan komedo 
  • Chemical sunscreen diformulasikan dengan bahan kimia aktif seperti Oxybenzone, Octisalate, Octocrylene, Ethylhexyl, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Butylene Glyco dan lainnyal untuk melindungi kulit dari sinar UV.

3. Hybrid Sunscreen

Avoskin The Great Shield

Hybrid sunscreen memiliki kandungan yang terdapat di dalam chemical dan physical sunscreen. Terasa ringan seperti chemical sunscreen tetapi dapat melindungi kulit seperti physical susncreen. Hybrid sunscreen bisa dikatakan sebagai gabungan dari chemical dan physical sunscreen, ini merupakan perkembangan baru dari produk-produk sunscreen. 

Nah itulah perbedaan dari physical, chemical dan hybrid sunscreen. Fungsi dari ketiga jenis sunscreen tersebut untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang dapat merusak kulit. Pemilihan produk sunscreen tergantung dengan kebutuhan Anda masing-masing, ya. 

Selanjutnya: Apa Itu Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes pada Parfum? Cari Tahu di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News