HOME, Bugar

Apa Itu Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes pada Parfum? Cari Tahu di Sini

Apa Itu Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes pada Parfum? Cari Tahu di Sini

MOMSMONEY.ID - Apa itu top notes, middle notes dan base notes? Itu adalah piramida yang terdapat di dalam parfum. Parfum memiliki beberapa komposisi agar menghasilkan aroma parfum yang segar dan enak dicium.

Bagi pemula ada baiknya mengetahui komposisi parfum sebelum membelinya. Agar Anda bisa menentukan aroma parfum yang sesuai dengan kepribadian dan aktivitas Anda. Melansir dari thebodyshop.co.id, inilah penjelasan top notes, middle notes dan base notes, yaitu: 

Top Notes

Top notes atau tingkatan pertama dalam paramida parfum. Top notes adalah aroma pertama kali yang tercium setelah parfum disemprotkan pada kulit. Biasanya, aroma ini tercium selama 15 menit awal dan bersifat paling ringan. Aroma yang tercium biasanya aroma segar, aroma buah dan aroma citrus. Top notes memiliki aroma seperti sitrus (lemon, bergamot), buah-buahan (pomegranate, apricot) atau herbs (clary sage, lavender). 

Baca Juga: Ketahui Cara Aman Menghilangkan Kemerahan di Wajah Secara Alami

Middle Notes

Selanjutnya, middle notes atau tingkatan kedua dalam piramida parfum. Middle notes adalah aroma susulan usai top notes tercium sekitar 5-15 menit sejak disemprotkan, kemudian middle notes akan muncul dan mulai tercium.

Aroma pada middle notes biasanya akan bertahan lebih lama dibandingkan top notes dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap base notes yang akan tercium setelahnya.

Middle notes biasanya merupakan kombinasi aroma fruity seperti coconut, pear, strawberry, bunga seperti moringa, jasmine dan lily, dengan campuran aroma eksotis seperti kayu manis, tembakau, dan cardamom. Middle notes dapat bertahan selama 20-60 menit sebelum terciumnya base notes.

Base Notes 

Base notes atau tingkatan terakhir dari piramida parfum. Base notes adalah aroma yang tercium setelah top notes dan middle notes. Aroma yang bertahan hingga 6 jam ini, biasanya lebih beraneka ragam dan memiliki karakter yang lebih kuat sehingga menjadi identitas dari parfum tersebut. Aroma base notes yang populer adalah cedarwood, sandalwood, patchouli, musk, amber, oakmoss, dan vanila. 

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Sabun Batangan untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News