Keluarga

Mengapa Perut Kucing Terasa Kendur? Ini Penjelasannya

Mengapa Perut Kucing Terasa Kendur? Ini Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda memperhatikan perut kucing peliharaan dan mendapati ada bagian yang terasa kendur?

Sekilas, perut yang kendur dan terlihat menggelambir tersebut dapat memberi kesan seakan-akan si kucing mengalami masalah kesehatan, misalnya obesitas. Padahal, bagian perut tersebut normal dimiliki kucing, lo.

Nah, supaya Anda tidak terus-menerus khawatir, yuk simak dulu alasan mengapa perut kucing dapat terasa kendur. Dikutip dari Live Science, Litter Robot, dan Pawesome Cats, berikut penjelasannya.

Mengapa perut kucing terasa kendur

Jika meraba bagian perut kucing, biasanya Anda akan merasakan bagian yang terasa kendur dan terlihat menggelambir.

Dalam anatomi tubuh kucing, bagian ini disebut sebagai primordial pouch atau kantung primordial. Bagian ini terdiri dari kulit, bulu, dan lapisan lemak yang sebenarnya terpisah dari perut kucing.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Kumis pada Kucing, Bukan Sekadar Hiasan!

Mitosnya, kantung primordial ini dianggap terbentuk setelah kucing disteril atau melahirkan. Kenyataannya, semua jenis kucing memiliki kantung primordial di bagian perutnya, bahkan kucing besar seperti harimau sekalipun.

Fungsi kantung primordial

Ternyata, kantung primordial tidak hanya hadir sebagai tempelan di tubuh kucing. Namun, ada bagian tubuh yang satu ini juga memiliki beberapa fungsi bagi si kucing.

Berikut beberapa contoh fungsi kantung primordial pada kucing:

  • Perlindungan: untuk melindungi bagian bawah perut kucing yang sensitif ketika bertengkar dengan kucing atau hewan lainnya, sehingga organ vital tidak mudah terluka.
  • Peregangan: ketika kucing berlari, kantung primordial akan membantu tubuh si kucing memanjang, sehingga mereka dapat berlari dan melompat lebih jauh.
  • Menyimpan makanan: bagi kucing liar atau kucing jalanan, keberadaan kantung primordial dapat membantu menyimpan cadangan makanan, sehingga membantu mereka bertahan hidup karena mereka tidak tahu kapan selanjutnya bisa makan.   

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini Cara Membantu Kucing Peliharaan yang Melahirkan

Perbedaan dengan kucing obesitas

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa perut kucing yang kendur bukan merupakan pertanda obesitas, melainkan hal yang umum dimiliki kucing.

Jadi, apa bedanya kucing yang memiliki kantung primordial biasa dengan kucing yang mengalami obesitas?

Jika dilihat secara kasat mata, kantung primordial pada kucing memiliki bentuk yang kendur dan berada di bagian bawah perut kucing. Selain itu, kantung primordial akan bergoyang-goyang ketika si kucing berjalan.

Di sisi lain, perut kucing yang mengalami obesitas akan terlihat lebih penuh dan bulat, serta tidak bergoyang saat si kucing berjalan. Jika disentuh, perut kucing yang obesitas akan terasa keras.

Jika Anda merasa kucing peliharaan mengalami obesitas, segera konsultasikan ke dokter hewan untuk mengetahui langkah apa yang tepat untuk mengatasinya.

Nah, itulah penjelasan mengenai bagian perut kucing yang terasa kendur. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News