ads

Jangan Bingung, Ini Cara Membantu Kucing Peliharaan yang Melahirkan

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 30 Juni 2022 | 22:25 WIB
Jangan Bingung, Ini Cara Membantu Kucing Peliharaan yang Melahirkan


MOMSMONEY.ID - Menunggui kucing peliharaan yang akan melahirkan merupakan salah satu pengalaman yang menyenangkan sekaligus mudah membuat deg-degan.

Pasalnya, sebagai pemiliknya, tentu Anda ingin si induk kucing melalui proses persalinan yang lancar dan melahirkan anak-anak kucing yang sehat.

Walaupun pada dasarnya induk kucing bisa mengurus dirinya sendiri saat melahirkan, tak ada salahnya membantu mereka supaya bisa melahirkan dengan nyaman.

Untuk membantu kucing peliharaan yang melahirkan, ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan. Dirangkum dari cats.org.uk, The Spruce Pets, dan Royal Canin, berikut caranya.

Baca Juga: Memahami Tanda-Tanda Kucing Akan Melahirkan, Apa Saja?

Perhatikan tanda-tandanya

Ketika mendekati waktu kelahiran, Anda perlu waspada terhadap tanda-tanda si kucing akan melahirkan. Dengan mengetahui tanda-tandanya, Anda bisa menyiapkan diri untuk membantu si kucing.

Umumnya, beberapa tanda yang biasanya muncul adalah nesting behavior (mencari tempat untuk melahirkan), gelisah, banyak mengeong, mondar-mandir, suhu tubuh yang menurun, hingga perut yang mengalami kontraksi.

Sediakan ruangan khusus

Supaya si induk kucing bisa melahirkan dengan nyaman, Anda bisa menyiapkan ruangan atau area khusus untuk mereka.

Idealnya, ruangan atau area yang disiapkan bersuhu hangat dan tenang. Jika memungkinkan, siapkan area yang jauh dari keramaian dan lalu-lalang anggota keluarga.

Sediakan perlengkapan tertentu

Selain menyediakan area untuk melahirkan, ada beberapa perlengkapan yang dapat Anda siapkan untuk membantu si induk kucing melahirkan.

Misalnya, siapkan keranjang atau boks khusus yang dilapisi dengan kain bersih seperti handuk atau keset. Anda juga bisa menyiapkan heating pad atau alas penghangat yang banyak dijual di pasaran untuk membantu bayi kucing tetap hangat setelah lahir. Siapkan juga kain tambahan sebagai cadangan apabila alasnya sudah kotor.

Baca Juga: Fakta-Fakta Menarik Seputar Kucing Anggora, Cantik dan Bikin Gemas!

Jangan terlalu sering menyentuh anak kucing

Sebisa mungkin, hindari menyentuh-nyentuh bayi kucing yang baru lahir. Pasalnya, induk kucing yang baru melahirkan umumnya menjadi sangat protektif dan sensitif, sehingga dapat mengartikan sentuhan Anda sebagai gangguan.

Jika Anda ingin menengok kucing, lakukan kira-kira 15 menit sekali. Induk kucing bisa mengurus dirinya sendiri, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Baca Juga: Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing Peliharaan, Pahami Yuk!

Jauhkan dari hewan lain

Jika Anda memiliki hewan peliharaan lainnya di rumah, sebaiknya jauhkan mereka dari induk kucing yang akan melahirkan.

Sama seperti gangguan dari manusia, induk kucing mungkin akan merasa stres jika terus-menerus diganggu oleh hewan peliharaan lain.

Beri makanan yang bergizi

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan makanan yang bergizi pada induk kucing sehingga selalu sehat dan bisa menyusui bayi-bayinya dengan lancar.

Pilihlah makanan yang tinggi kalori, lemak, protein, dan mudah dicerna. Anda bisa memilih makanan kucing khusus kitten, sehingga si induk kucing akan mendapatkan banyak gizi yang bisa tersalurkan ke anak-anaknya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu kucing peliharaan melahirkan di rumah. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER