HOME, Keluarga

Mengapa Kucing Suka Menjilati Bulunya Sendiri? Ini 5 Jawabannya

Mengapa Kucing Suka Menjilati Bulunya Sendiri? Ini 5 Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Kucing bisa dibilang adalah hewan yang bersih. Sebab, hampir 50% waktu bangunnya, kucing akan merawat dirinya sendiri dengan cara menjilati tubuhnya sendiri. Jika kucing tidur paling lama 15 jam per hari, maka dia menghabiskan 4-5 jam untuk menjilati beberapa bagian tubuhnya.

Hal ini tentu yang membuat Anda cukup terkejut karena kucing membutuhkan 5 jam per hari untuk menjilati tubuh. Anda mungkin juga merasa aneh dengan caranya menjilati bulu yang terkadang disertai dengan menggigit.

Baca Juga: Yuk! Lebih Dekat Dengan Kucing Persia, Ini Ciri-Ciri dan Cara Merawatnya

Dilansir dari Rover.com, menggigit atau mengunyah hanyalah cara lain untuk benar-benar masuk ke sana dan memastikan kotoran, parasit potensial, dan bola rambut tetap terkendali. Lalu, apa alasan lain kucing menjilati tubuhnya?

Meniru Induknya

Saat induk kucing melahirkan, dia akan membersihkan sendiri anak kucing dengan lidahnya kasar dengan cara menjilati. Ini juga dilakukan untuk membantu merangsang pernapasannya. Saat menyusui, induk kucing juga akan memberikan “pijatan lidah” di anus anaknya untuk membantu merangsang buang air besar. Kebiasaan dari induk ini kemudian menjadi contoh untuk anak kucing dan berlanjut di sepanjang hidupnya.

Membersihkan Diri

Ya, ini adalah tujuan paling utama. Dilansir dari The Spruce Pets, lidah mereka yang seperti duri merangsang kelenjar sebaceous di dasar rambut mereka dan menyebarkan sebum yang dihasilkan ke seluruh rambut. Perawatan ini membantu mereka membersihkan lapisan kotoran dan parasite seperti kutu.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini 5 Penyebab Kucing Mengalami Diare

Membersihkan Luka dan Meringankan Rasa Sakit

Kucing yang terluka akan membersihkan lukanya sendiri dengan cara menjilatinya untuk mencegah infeksi. Lidah kasar mereka juga dapat menghapus sel kulit mati. Namun, Anda perlu berhati-hati jika kucing terobsesi untuk menjilati salah satu bagian badannya saja. Bisa saja dia mengalami cedera di bagian tersebut dan membutuhkan pertolongan.

Menyembunyikan Aroma dari Predator

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kemampuan mencium kucing yang empat belas kali lebih kuat daripada manusia. Kucing menggunakan kemampuannya ini untuk melacak mangsa dan akan menjilati anak-anaknya untuk menghilangkan aroma mereka. Kucing indukan juga akan menjilati dirinya secara menyeluruh setelah menyusui. Alasannya tentu sama, yakni untuk mencegah aroma dari anak-anaknya.

Mendinginkan Suhu Tubuh

Kucing tidak memiliki kelenjar keringat, saat mereka menjilati tubuh, air liur membantu mereka mendinginkan diri di hari yang panas. Maka, jangan heran jika di siang hari yang panas, kucing sering menjilati tubuhnya. Namun, kucing tetap memiliki kelenjar keringat di kulit kaki mereka. 

Selanjutnya: 5 Jenis Kucing Persia Beserta Karakteristik dan Harganya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News