5 Jenis Kucing Persia Beserta Karakteristik dan Harganya

Sumber: Persian Cat Corner
Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:06 WIB
5 Jenis Kucing Persia Beserta Karakteristik dan Harganya

ILUSTRASI. 5 Jenis Kucing Persia Beserta Karakteristik dan Harganya

MOMSMONEY.ID - Kucing persia merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Secara umum, kucing ini memiliki bulu panjang dan lebat. Penampilannya lucu yang rata-rata memiliki hidung pesek dan berkaki pendek.

Namun saat ini, persia banyak mengalami perubahan baik mutasi genetik alami maupun perkawinan silang, sehingga kucing persia terbagi menjadi beberapa jenis. Harganya pun berbeda-beda untuk setiap jenis. Nah, berikut 5 jenis kucing persia dan haraganya di pasaran.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Diare Pada Kucing Peliharaan

Persia Peaknose

Persia peaknose memiliki ciri khas hidung yang sangat pesek di banding jenis persia yang lain. Wajahnya juga tampak seperti kucing yang selalu cemberut, tetapi ini letak menggemaskannya. Selain hidungnya yang pesek, bentuk tubuhnya juga bulat dan gemuk. Bulunya panjang dan lebat. Harga untuk seekor kucing persia peaknose cukup mahal loh, Moms, yakni sekitar Rp 2,5 jt – Rp 10 jt. Perbedaan harga ini difaktori oleh jenis kelamin, usia, dan vaksinasi yang telah didapat.

Persia Medium

Kucing persia medium terlahir dari perkawinan silang antara persia asli dan kucing lokal. Oleh karena itu, kucing ini memiliki ciri-ciri hidung yang lebih lancip daripada persia lain. Akan tetapi, ukuran kecil sehingga tetap berbeda dengan ras kucing lain.

Tubuhnya nyaris lebih besar dari persia pada umumnya, wajah bulat, telinga pendek melebar, dan kaki besar. Bulunya juga panjang dan lebar. Harga persia medium ini sekitar Rp 850 ribu hingga Rp 2 jutaan.

Baca Juga: Ini 4 Bagian Tubuh Kucing yang Suka Dibelai

Persia Himalaya

Persia Himalaya juga merupakan hasil perkawinan silang. Dilansir dari Persiancatcorner.com, varietas himalaya pertama kali dikembangkan ketika seorang peternak menyilangkan persia dan siam. Itu sebabnya, kucing himalaya memiliki mata biru yang tajam karena merupakan bagian dari kucing siam.

Wajah kucing persia himalaya datar dan bulat, kaki pendek, dan bulu yang lebih tebal di lehernya. Sifatnya juga tenang, tetapi suka bermain seperti kucing siam. Jenis kucing himalaya dijual dengan harga sekitar Rp 3 juta hingga Rp 8 juta. Ini bergantung dengan usia dan vaksinasi yang telah didapatkan.

Persia Flatnose

Secara umum, kucing flatnose memiliki karakteristik yang sama dengan kucing peaknose. Akan tetapi, persia flatnose memiliki wajah yang lebih kotak, mata lebih bulat, dan kaki yang lebih pendek. Ukuran telinganya pun lebih kecil dan hampir tak terlihat karena tertutup bulunya yang panjang dan lebat. Mereka hampir seluruhnya seperti gumpalan bulu yang menggemaskan! Di pasaran, kucing flatnose dihargai mulai Rp 4,5 juta hingga Rp 9,5 juta.

Persia Exotic Shorthair

Kucing persia exotic shorthair merupakan hasil persilangan kucing persia dengan kucing american british shorthair. Maka tak heran jika kucing ini memiliki bulu-bulu yang pendek. Wajahnya bulat, dahi lebar, dan tubuhnya gemuk serta pendek. Hidungnya pesek mengikuti ras kucing persia, tetapi bentuk bibirnya seperti kumis manusia yang menjuntai ke bawah. Wah, lucu sekali ya? Kucing ini dihargai Rp 4,5 juta hingga Rp 7 juta. 

Selanjutnya: Yuk! Lebih Dekat Dengan Kucing Persia, Ini Ciri-Ciri dan Cara Merawatnya

 

 

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru