Jangan Disepelekan! Ini 5 Penyebab Kucing Mengalami Diare

Sumber: Daily Paws,VCA Hospitals
Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:11 WIB
Jangan Disepelekan! Ini 5 Penyebab Kucing Mengalami Diare

ILUSTRASI. Jangan Disepelakan! Ini 5 Penyebab Kucing Mengalami Diare

MOMSMONEY.ID - Hewan peliharaan kucing sangat rentan terkena masalah pencernaan, khususnya diare. Diare merupakan masalah buang air besar yang tidak berbentuk dengan jumlah dan frekuensi yang meningkat.

Dalam beberapa kasus, diare dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, Anda tak boleh meremehkannya. Dilansir dari VCAHospitals.com, diare bukanlah penyakit, melainkan merupakan tanda dari berbagai penyakit.

Diare dapat menjadi satu-satunya tanda, sebagai salah satu dari beberapa tanda masalah penyakit yang lebih umum. Untuk itu, Anda perlu tahu apa penyebabnya. Ada banyak penyebab diare, berikut 5 di antaranya.

Baca Juga: Ini 4 Bagian Tubuh Kucing yang Suka Dibelai

Parasit

Salah satu penyebab diare adalah parasit yang masuk ke dalam tubuh dan saluran usus kucing. Parasit ini masuk melalui makanan dan air liur. Kucing yang memakan makanan atau menjilati benda yang terkontaminasi parasit, akan mengalami diare.

Diare karena parasit biasanya berlangsung singkat, tetapi cukup akut dan kerusakan yang ditimbulkan cukup parah. Biasanya disertai dengan muntah dan anemia. Maka, Anda tetap memerlukan tenaga kesehatan untuk mengatasinya.

Infeksi

Infeksi bakteri atau virus dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan seperti diare dan muntah yang cukup parah. Kondisi ini bila tidak ditangani dapat mengakibatkan penurunan berat badan serta dehidrasi ekstrem.

Diare akut biasanya juga disebabkan oleh bakteri yang menyerang usus kecil kucing. Jika ditangani, masalah diare ini bisa reda dalam seminggu.

Baca Juga: Selain Cerdas dan Berani, Ini 5 Sifat Umum Anjing Peliharaan

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru