HOME, Keluarga

Mau Mudik Lebaran? Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Meninggalkan Rumah

Mau Mudik Lebaran? Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Meninggalkan Rumah

MOMSMONEY.ID - Mudik merupakan salah satu tradisi yang kerap dilakukan pada hari raya seperti lebaran. Mudik atau pulang kampung biasanya dimanfaatkan sebagai momen untuk kumpul keluarga setelah sekian lama tidak bertemu.

Nah, karena rumah akan ditinggal berhari-hari dalam keadaan kosong selama mudik, Anda perlu memastikan supaya rumah tetap aman. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa hal untuk memastikan rumah terasa nyaman begitu Anda kembali mudik.

Hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum mudik lebaran supaya rumah tetap aman dan nyaman? Simak tipsnya berikut ini, yuk!

Baca Juga: 6 Tips Membersihkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran

Bersihkan rumah

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan rumah dengan baik. Dikutip dari laman cnet.com, hal ini akan membantu mencegah rumah terlihat kotor dan berantakan ketika Anda kembali ke rumah, sehingga Anda dapat langsung beristirahat tanpa harus memikirkan rumah yang kurang rapi dan bersih.

Anda tidak perlu membersihkan seluruh sudut rumah secara menyeluruh. Tergantung situasi dan kondisi di rumah, Anda dapat menyapu dan mengepel lantai, membersihkan isi kulkas, membersihkan kamar mandi, membuang sampah, hingga merapikan tempat tidur.

Periksa peralatan elektronik

Sebelum Anda meninggalkan rumah, periksalah seluruh peralatan elektronik yang ada di rumah. Cabut kabel elektronik yang tidak terpakai selama Anda pergi, misalnya TV, speaker, atau komputer.

Tidak hanya dapat membantu menghemat listrik, memeriksa peralatan elektronik sebelum pergi juga dapat mencegah risiko korsleting dan kebakaran di dalam rumah.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Hampers Tanaman Hias Pot untuk Lebaran, Estetik dan Segar!

Nyalakan lampu

Melansir laman hgtv.com, jangan lupa untuk menyalakan beberapa lampu di rumah sebelum pergi selama berhari-hari, misalnya untuk mudik lebaran.

Dengan menyalakan lampu, rumah Anda akan terlihat seakan-akan sedang ditempati sehingga akan lebih aman dari orang-orang yang berniat jahat. Sebagai tambahan, Anda juga bisa meminta tolong pada tetangga untuk membantu mengawasi rumah selama Anda pergi.

Baca Juga: Rekomendasi Hampers Dekorasi dan Tableware Kayu untuk Lebaran

Siapkan hewan peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang akan ditinggal selama mudik, pastikan Anda menitipkan hewan peliharaan tersebut pada pihak yang dipercaya, misalnya jasa penitipan hewan, tetangga, atau kerabat yang dekat dengan Anda.

Jangan lupa untuk menyiapkan petunjuk cara memberi makan, minum, obat (jika ada), dan siapkan alat-alat yang mungkin dibutuhkan untuk mengurus hewan peliharaan selama Anda pergi.

Periksa pintu dan jendela

Tepat sebelum pergi, periksa setiap titik akses masuk ke rumah Anda, seperti pintu dan jendela.

Pastikan semua pintu dan jendela di rumah Anda sudah tertutup dan terkunci dengan rapat supaya rumah lebih aman selama ditinggal mudik.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum Anda meninggalkan rumah untuk mudik lebaran. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News