HOME, Keluarga

6 Tips Membersihkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran

6 Tips Membersihkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran

MOMSMONEY.ID - Mudik atau pulang kampung adalah salah satu hal yang identik dengan perayaan Idul Fitri di Indonesia. Biasanya, momen ini dimanfaatkan untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga.

Jika Anda berencana untuk mudik lebaran pada tahun ini, tentunya mudik tersebut perlu dipersiapkan dengan baik. Tidak hanya menyiapkan barang bawaan dan kendaraan yang akan digunakan, tapi rumah Anda juga perlu dibersihkan dengan baik sehingga akan terlihat nyaman ketika Anda pulang mudik nantinya.

Nah, kira-kira apa saja yang harus dilakukan saat membersihkan rumah sebelum mudik lebaran? Simak tipsnya di bawah ini, yuk!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hampers Dekorasi Rumah untuk Lebaran

Buang sampah

Dikutip dari laman cnet.com, membuang sampah menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum pergi meninggalkan rumah dalam waktu lama, termasuk sebelum mudik.

Dengan membuang sampah, rumah Anda akan lebih bersih serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama ditinggal mudik, misalnya sisa makanan yang bau dan membusuk di tempat sampah serta kedatangan hama seperti tikus.

Mencuci pakaian

Selanjutnya, Anda juga dapat mencuci sisa pakaian kotor yang menumpuk di keranjang pakaian sebelum mudik. Hal ini dapat membantu mengurangi tumpukan pakaian kotor yang harus dicuci saat Anda kembali dari mudik.

Selain mencuci pakaian, periksa juga setiap sudut rumah untuk memastikan tidak ada pakaian kotor dan lembap yang teronggok di tempat-tempat tertentu, sehingga rumah Anda tidak bau apek akibat pakaian kotor tersebut.

Mencuci piring

Saat mudik, hindari meninggalkan tumpukan piring kotor di wastafel. Melansir Real Simple, tumpukan piring kotor dapat mengundang kedatangan serangga hingga tikus di dapur Anda.

Jadi, sebelum pergi mudik, sebaiknya cuci semua piring kotor yang menumpuk di wastafel dapur. Anda bisa melakukannya pada malam sebelumnya, atau di pagi hari sebelum meninggalkan rumah.

Baca Juga: Rekomendasi Hampers Dekorasi dan Tableware Kayu untuk Lebaran

Bereskan barang yang berceceran

Dilansir dari Apartment Therapy, sempatkan untuk membereskan barang-barang yang berceceran di rumah sebelum pergi mudik.

Selain membuat rumah lebih bersih dan rapi, Anda juga tidak harus berurusan dengan rumah yang berantakan setelah kembali dari mudik. Anda pun bisa langsung beristirahat tanpa harus membersihkan rumah terlebih dahulu.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Ini Rekomendasi Hampers Eco-Friendly untuk Lebaran

Bersihkan kulkas

Sebelum mudik, tidak ada salahnya untuk membersihkan kulkas dan menyortir bahan makanan apa saja yang mungkin akan membusuk selama ditinggal pergi.

Selain menyortir bahan makanan, bersihkan juga setiap permukaan di bagian dalam kulkas, mulai dari rak hingga dindingnya. Jadi, kulkas Anda akan lebih lega dan bersih saat Anda kembali dari mudik.

Rapikan tempat tidur

Setelah kembali dari mudik, mungkin Anda langsung ingin beristirahat dengan nyaman di atas tempat tidur. Oleh karena itu, pastikan Anda merapikan tempat tidur sebelum berangkat mudik.

Jika memungkinkan, cucilah sprei yang lama dan pasangkan sprei yang masih baru di atas tempat tidur. Jadi, Anda pun bisa tidur di atas tempat tidur yang lebih rapi dan bersih setelah pulang nantinya.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan rumah sebelum pergi mudik. Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News