HOME, Keluarga

Mau Beli Mixer untuk Bikin Kue? Simak Tips Memilihnya di Sini

Mau Beli Mixer untuk Bikin Kue? Simak Tips Memilihnya di Sini

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda yang senang membuat kue dan roti di rumah, keberadaan mixer di dapur tentu sudah bukan hal yang asing lagi.

Alat dapur atau kitchen appliances yang satu ini memang sangat serbaguna. Tak hanya ampuh mencampur bahan kue dan roti secara merata, mixer juga bisa dimanfaatkan untuk membuat krim kocok (whipped cream) dan meringue. Jadi, hanya dengan memiliki mixer, Anda bisa membuat beragam jenis resep masakan dengan mudah.

Karena ditenagai listrik, mixer bisa membantu Anda mencampur bahan kue dan roti dengan merata dalam waktu yang relatif singkat. Anda pun tak perlu khawatir tangan pegal-pegal karena terlalu lama mengaduk adonan roti atau kue.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Air Fryer Merek Philips, Kualitasnya Terjamin!

Nah, jika Anda ingin membeli mixer untuk melengkapi perlengkapan dapur, tentu saja ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Yuk, simak tips memilih mixer yang cocok untuk Anda di bawah ini!

Pilih jenis yang sesuai kebutuhan

Pertama, Anda perlu menentukan tipe atau jenis mixer seperti apa yang cocok dengan kebutuhan di rumah.

Ada dua jenis mixer yang bisa Anda pilih, yaitu stand mixer dan hand mixer. Keduanya sama-sama bisa diandalkan untuk membuat kue dan roti, tapi tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dilansir dari The Spruce Eats, stand mixer umumnya banyak digunakan untuk menguleni adonan yang sifatnya kalis, seperti adonan kue kering atau adonan roti. Selain itu, stand mixer juga cocok untuk Anda yang punya area meja luas dan butuh multitasking saat sedang mencampur adonan kue.

Di sisi lain, hand mixer lebih mudah dikontrol karena Anda langsung mengoperasikannya dengan tangan, sehingga adonan kue bisa tercampur lebih rata. Tak hanya itu, hand mixer juga lebih mudah disimpan dan lebih cocok untuk mengolah adonan kue yang lebih cair.

Perhatikan daya listriknya

Jika daya listrik di rumah Anda cukup besar, daya listrik mixer mungkin bukan menjadi masalah. Namun, untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil, pemilihan watt atau daya listrik cukup penting untuk memastikan listrik di rumah tidak mudah anjlok saat Anda menggunakan mixer.

Daya listrik umumnya mengindikasikan kekuatan mesin atau motor pada mixer tersebut. Jadi, jika Anda berencana untuk banyak membuat roti dan kue kering yang butuh kekuatan lebih dalam menguleni adonan, jangan asal memilih mixer dengan watt yang rendah.

Baca Juga: Air Fryer vs Oven Listrik, Mana yang Memasak Makanan Lebih Baik?

Perhatikan ukuran dan bobot mixer

Ukuran dan bobot mixer akan sangat mempengaruhi pengalaman Anda saat menggunakan mixer tersebut.

Mengutip Compact Appliances, masalah bobot ini perlu Anda perhatikan jika ingin membeli hand mixer. Pasalnya, hand mixer yang ringan dan mudah dipegang akan memudahkan Anda menggunakannya dalam jangka waktu lama, sehingga tangan Anda tidak mudah lelah.

Di sisi lain, jika Anda berencana untuk membeli stand mixer, pilih model yang kokoh supaya tidak mudah bergoyang-goyang saat dioperasikan.

Berbicara masalah ukuran, Anda bisa mempertimbangkan luas area meja dapur dan seberapa banyak makanan yang akan dibuat dengan mixer tersebut. Jadi, Anda bisa memutuskan apakah Anda perlu mixer berukuran kecil, besar, atau sedang.

Baca Juga: Rekomendasi Blender Mini Portable yang Praktis dan Terjangkau

Periksa fitur dan kelengkapannya

Saat akan memilih mixer, perhatikan juga fitur dan kelengkapan yang dimiliki oleh mixer tersebut.

Biasanya, mixer akan dilengkapi dengan pengaturan kecepatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dimulai dari pengaturan slow start yang menggerakkan mixer dengan perlahan sehingga bahan makanan di dalam mangkuk tidak terciprat ke mana-mana.

Mixer dengan pengaturan kecepatan yang standar sebenarnya sudah cukup untuk menunjang kebutuhan memasak Anda, tapi tidak ada salahnya memilih mixer dengan pengaturan yang lebih canggih jika Anda ingin bereksperimen dengan berbagai macam adonan kue dan roti.

Selain itu, kelengkapan atau attachment pada mixer juga bisa menjadi poin pertimbangan. Suatu mixer biasanya dilengkapi dengan beberapa pengocok tambahan untuk keperluan yang berbeda-beda, misalnya untuk menguleni adonan roti, meringue, hingga adonan kue biasa.

Bahkan, beberapa mixer juga dilengkapi dengan attachment lainnya yang lebih canggih, seperti penggiling adonan pasta, penggiling daging, hingga penggiling biji-bijian. Intinya, pilihlah kelengkapan yang dirasa akan memaksimalkan kegiatan memasak Anda di dapur.

Itulah 4 tips sederhana yang bisa Anda terapkan saat akan memilih mixer. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News