Bugar

Manfaat Kacamata Hitam untuk Mencegah Penyakit Mata

Manfaat Kacamata Hitam untuk Mencegah Penyakit Mata

MOMSMONEY.ID - Kebanyakan orang menggunakan kacamata hitam dengan alasan agar terlihat lebih gaya dan fashionable.

Namun, selain sebagai aksesori untuk menunjang penampilan, kacamata hitam juga memiliki fungsi kesehatan yang jarang disadari penggunanya.

Paparan sinar ultraviolet dalam jangka panjang tidak hanya berdampak buruk terhadap kesehatan kulit, tapi juga kesehatan mata.

Inilah alasan mengapa Anda perlu menggunakan kacamata hitam saat keluar ruangan, terlebih jika Anda sering beraktivitas di bawah terik matahari.

Dilanisr dari Web MD, ada banyak manfaat jika Anda menggunakan kacamata hitam ketika beraktivitas di luar ruangan atau di bawah terik sinar matahari, antara lain:

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Mata Cedera

Mencegah penyakit mata

Manfaat kacamata hitam selanjutnya adalah untuk mencegah beragam penyakit mata. Perlindungan mata dari paparan sinar UV juga penting untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker mata melanoma.

Hal ini karena radiasi sinar UV terhadap mata bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit mata, seperti katarak, pinguecula, pterygium, dan radang lapisan mata, termasuk fotokonjungtivitis dan fotokeratitis.

Membuat penglihatan tetap nyaman

Penggunaan kacamata hitam, terutama saat cuaca terik, dapat memberikan kenyamanan pada mata. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyipitkan mata untuk melihat objek tertentu. Hal ini bisa membuat Anda menjalani aktivitas dengan lebih nyaman.

Baca Juga: Kelopak Mata Bengkak? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Melindungi kulit di sekitar mata

Dengan menggunakan kacamata hitam, Anda turut membantu melindungi kulit di area sekitar mata yang sensitif atau mungkin tidak tersentuh oleh tabir surya, seperti kelopak mata.

Kelopak mata memiliki jaringan kulit yang tipis dan mudah mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih.

Dengan rutin memakai kacamata hitam, kerusakan kelopak mata serta munculnya kerutan dan keriput di sekitar mata bisa tercegah.

Selain itu, dianjurkan pula memilih kacamata yang terpasang dengan baik di wajah, tidak mudah turun atau terlepas, serta posisinya pas di mata. Hal ini berguna untuk mengurangi cahaya yang masuk dari bagian atas mata.

Menggunakan kacamata hitam bukan hanya sekadar untuk bergaya, tapi juga penting demi kesehatan mata. Meski demikian, Anda harus jeli dalam memilih kacamata hitam.

Selain yang perlindungan terhadap sinar UV-nya baik, Anda juga sebaiknya memilih produk kacamata hitam yang sudah punya label standarisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News