Bugar

Kelopak Mata Bengkak? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Kelopak Mata Bengkak? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

MOMSMONEY.ID - Kondisi mata bengkak memang terkadang bisa mengganggu aktivitas Anda. Bengkak bisa muncul di bagian sebelah mata atau keduanya.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti alergi dan konjungtivitis. Setelah mengetahui penyebabnya, perawatan yang tepat bisa segera diberikan untuk menghindari risiko lebih buruk.

Selain itu, seperti yang dilansir dari Web MD, ada beberapa penyebab mata bengkak yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Penyakit yang Rentan Terjadi pada Bayi di Tahun Pertama

Alergi 

Penyebab mata bengkak yang pertama adalah alergi. Kondisi ini biasanya muncul akibat ada paparan zat pemicu alergi alias alergen, seperti debu atau makanan tertentu.

Konjungtivitis 

Penyebab mata bengkak yang kedua adalah konjungtivitas. Selain pembengkakan pada mata, kondisi ini juga bisa ditandai dengan gejala lain, seperti mata merah dan berair, gatal, serta keluar kotoran atau belek dari mata.

Blefaritis 

Penyebab mata bengkak yang ketiga adalah blefaritis. Mata bengkak pada area kelopak mata yang disertai dengan gatal dan berair bisa menjadi gejala blefaritis.

Penyebab pasti kondisi ini masih belum diketahui, tetapi sering dikaitkan dengan dermatitis seboroik, infeksi, kelenjar minyak di kelopak mata tersumbat, hingga kutu pada bulu mata. 

Kurang tidur 

Mata bengkak juga bisa disebabkan oleh kurang tidur di malam hari. Hal ini juga bisa menyebabkan munculnya kerutan, lingkar hitam di bawah mata, serta kulit sekitar mata menjadi kusam. 

Baca Juga: Ketahui 5 Tanda Tubuh Anda Terkena Alergi Obat

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut adalah berbagai langkah cara menangani mata bengkak yang bisa Anda coba, antara lain: 

1. Bilas dengan air bersih terutama jika pembengkakan disertai dengan gejala mata belekan atau berair.

2. Kompres mata menggunakan handuk yang dibasahi dengan air untuk mengompres mata Anda.

3. Pakai obat tetes mata dengan kandungan antihistamin jika bengkak disebabkan oleh alergi. Hindari pemakaian obat tetes dengan kandungan steroid tanpa resep dan anjuran dokter.

4. Lepas lensa kontak sesegera mungkin jika timbul bengkak di kelopak mata Anda.

5. Tidur dengan posisi yang baik. Ketika tidur, tinggikan kepala Anda agar tidak ada air yang menumpuk di sekitar mata.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter demi menjaga kesehatan mata Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News