Bugar

Hati-Hati, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Mata Cedera

Hati-Hati, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Mata Cedera

MOMSMONEY.ID - Kesehatan mata penting untuk dijaga karena mata adalah jendela untuk melihat keindahan dunia. Meski begitu, ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa mengganggu kesehatan mata dan tanpa disadari kita lakukan.

Dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang perlu Anda hindari agar kesehatan mata tetap terjaga dan tidak membuat mata cedera, antara lain: 

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Bahaya Gas Air Mata untuk Kesehatan

Menggunakan lensa kontak dengan ceroboh

Pengguna lensa kontak memerlukan usaha ekstra untuk menjaga kesehatan mata dibandingkan dengan pengguna kacamata. Alih-alih memperbaiki penampilan, penggunaan lensa kontak yang ceroboh justru bisa menyebabkan iritasi atau infeksi mata, bahkan kebutaan.

Mengabaikan penggunaan kacamata hitam di luar ruangan

Menggunakan kacamata hitam di luar ruangan mampu menjaga kesehatan mata. Kacamata hitam berfungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari. Paparan sinar ini yang berlebihan bisa memicu berbagai penyakit mata, seperti katarak, degenerasi makula, dan pterygium.

Merokok

Tak hanya mengganggu kesehatan jantung, merokok juga bisa mengganggu kesehatan mata. Perokok aktif diketahui lebih berisiko mengalami kebutaan akibat katarak dan degenerasi makula dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Baca Juga: Sebaiknya Dihindari! Inilah 5 Makanan yang Bisa Mengakibatkan Halusinasi

Menghabiskan banyak waktu di depan layar gawai

Bagi sebagian orang, menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer, tablet, maupun smartphone adalah hal yang tidak bisa dihindari. Padahal, kebiasaan ini bisa menyebabkan otot mata bekerja ekstra sehingga bisa memicu mata lelah dan sakit kepala.

Menggunakan make up saat tidur

Bagi wanita yang sering menggunakan make up, usahakan untuk selalu membersihkannya sebelum tidur. Pasalnya, serpihan maskara, eyeliner, atau eye shadow yang jatuh ke dalam mata bisa menyebabkan iritasi atau infeksi.

Agar mata tetap sehat, mulailah untuk menghindari segala bentuk kelalaian dan kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan mata.

Apabila ada keluhan pada mata atau penglihatan, segeralah periksakan ke dokter agar keluhan Anda bisa cepat ditangani dan kondisi kesehatan mata tidak semakin buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News