HOME, Santai

Mandi Air Panas atau Air Dingin, Mana yang Lebih Bermanfaat bagi Tubuh?

Mandi Air Panas atau Air Dingin, Mana yang Lebih Bermanfaat bagi Tubuh?

MOMSMONEY.ID - Mandi merupakan rutinitas wajib yang harus dilakukan. Apalagi setelah seharian di luar rumah, mandi menjadi kegiatan utama yang harus dilakukan ketika tiba di rumah.

Jika tubuh merasa lelah, maka tentunya Anda akan memilih untuk mandi dengan air panas, bukan? Walaupun saat pagi, saat baru bangun tubuh Anda pastinya akan memilih untuk mandi dengan air panas.

Namun, yang perlu diketahui, mandi dengan air dingin juga sebaiknya menjadi salah satu rutinitas Anda. Selain membuat tubuh segar, mandi dengan air dingin juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Produk Penghilang Bulu Ketiak, Bersih dan Cepat

Keduanya, mandi dengan air panas atau dingin sama-sama memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

Mandi dengan air panas

Mandi dengan air panas memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh. Salah satunya adalah membantu tubuh merasa rileks. Selain itu, mandi dengan air panas juga dapat membantu saluran pernafasan merasa lebih baik.

Terbukanya saluran pernafasan dan membantu meredakan sakit batuk dan pilek adalah manfaat yang diperoleh ketika Anda mandi dengan air panas. Rasa lelah juga tentunya bisa terasa berkurang setelah mandi dengan air panas.

Melansir dari laman Medical News Today, mandi dengan air panas juga membantu untuk meningkatkan fungsi otak.

Daya ingat juga bisa menjadi lebih meningkat. Selain itu bagi kulit, mandi dengan air panas juga bisa untuk membuka pori-pori dan membersihkan pori-pori dna kotoran pada kulit.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Cara Meningkatkan Serotonin Secara Alami

Mandi dengan air panas disarankan untuk dilakukan 1-2 jam sebelum Anda tidur. Agar kualitas tidur Anda bisa membaik dan terhindar dari rasa lelah berlebih.

Mandi dengan air dingin

Manfaat mandi dengan air dingin yang dilansir dari laman Health Line adalah bisa meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, meredakan kulit gatal dan kemerahan, dan membantu kulit dan rambut terlihat lebih segar dan berkilau.

Mandi dengan air dingin juga dipercaya bisa untuk membantu meredakan ketegangan dalam pikiran. Sistem imun dan metabolisme dalam tubuh pun juga bisa di stimulasi dengan mandi air dingin. 

Karena manfaat dari mandi air dingin dapat meredakan pembekakan dan cedera, maka waktu terbaik bagi Anda untuk mandi dengan air dingin adalah saat pagi.

Tapi pastikan cuaca tidak terlalu dingin. Agar tubuh tidak membutuhkan waktu tambahan lagi untuk bangun setelah mandi dengan air dingin.

Selanjutnya: Moms, Cermati Bedanya Weight Loss dan Fat Loss Memiliki Perbedaan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News