HOME, Santai

Mana Tipe Insecurity Yang Anda Alami? Kenali Tipe dan Tanda Insecurity

Mana Tipe Insecurity Yang Anda Alami? Kenali Tipe dan Tanda Insecurity

MOMSMONEY.ID - Perasaan tidak aman yang kerap dirasakan karena adanya pemikiran tentang citra diri yang kurang dalam berbagai aspek dikenal dengan istilah insecurity.

Kondisi ini sendiri terjadi disebabkan karena beberapa hal yang berbeda beda. Jenis dari insecurity pun juga berbeda-beda.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari insecurity atau ketidakamanan.

Baca Juga: Terjebak Friend Zone? Ini Dia Beberapa Deretan Film yang Cocok Untuk Ditonton

Insecurity pada citra tubuh

Insecurity jenis ini adalah jenis insecurity yang kerap melanda perempuan. Melansir dari laman Choosing Therapy, orang-orang yang mengalami insecurity dengan tipe mengalami kesulitan untuk menerima bentuk rupa fisik yang ada padanya.

Perasaan cemas atau anxiety juga kerap dirasakan karena takut akan penilaian yang diberikan oleh orang lain terkait kondisi fisik yang dimiliki oleh masing masing orang.

Insecurity pada pekerjaan

Tak hanya pada kehidupan pribadi, insecurity juga bisa melanda kehidupan pekerjaan seseorang. Orang yang mengalami insecurity pada pekerjaan akan mengalami banyak gangguan performa, tidak bisa menyelesaikan pekerjaan yang diberikan, dan penuh dengan kebingungan.

Hal tersebut terjadi karena adanya pikiran dalam diri mereka yang menganggap mereka tidak mampu menghadapi permasalahan pekerjaan yang diberikan pada mereka. Perasaan tidak yakin dan kewalahan juga kerap menghinggapi orang-orang yang mengalami insecurity pada pekerjaan.

Baca Juga: Takut Melihat Boneka? Bisa Jadi Pediophobia! Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Insecurity pada hubungan

Tipe insecurity berikut ini adalah tipe insecurity yang kerap terjadi di kehidupan umum. Laman Web MD menjelaskan bahwa insecurity tipe ini bisa terjadi dikarenakan adanya kekosongan atau absensi seseorang dalam sebuah hubungan yang terikat secara batin.

Baik hubungan dengan orang tua, teman, maupun kekasih tipe insecurity ini bisa juga terjadi karena adanya krisis kepercayaan dan juga pengalaman sebelumnya atau trauma karena masa lalu.

Sosial Insecurity

Sosial insecurity adalah kondisi yang ditunjukkan oleh seseorang seperti rasa takut untuk bersosialisasi. Hal tersebut disebabkan karena adanya ketakutan akan pemikiran orang lain atau penilaian orang lain yang akan diterima.

Selain itu permasalahan seperti kurangnya rasa percaya diri juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya sosial insecurity pada diri seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News