HOME, Santai

Takut Melihat Boneka? Bisa Jadi Pediophobia! Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Takut Melihat Boneka? Bisa Jadi Pediophobia! Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Mengadopsi dan mengoleksi boneka arwah sebagai anak kini menjadi tren, baik dikalangan orang biasa maupun selebriti.

Pro dan kontra tentunya juga terjadi, apalagi ditambah dengan rasa seram dan mistis yang mengikuti boneka arwah tersebut.

Rasa takut akan boneka juga merupakan sebuah phobia yang biasa dialami oleh orang-orang yang ketakutan terhadap boneka.

Baca Juga: Website Ini Bisa Bantu Hapus Akun dari Beragam Aplikasi Loh! Yuk Coba!

Fobia tersebut disebut dengan Pediophobia. Fobia ini merupakan sebuah tipe gangguan ketakutan akan bentuk figure manusia atau humanoid figures yang biasa di bentuk menjadi sebuah boneka.

Melansir dari laman Very Well Mind, pediophobia dalam pop culture bisa diakibatkan karena adanya eksposure dari media film atau perayaan horor dan misteri yang lekat dengan penggunaan boneka sebagai media tindakan kekerasan.

Penyebab lainnya yang mungkin bisa menyebabkan munculnya fobia ini adalah trauma masa kecil, pengalaman buruk yang melibatkan boneka, dan seringnya ditakut-takuti dengan boneka saat masa kecil juga akan memicu seseorang tumbuh dengan pediophobia.

Baca Juga: Deretan Film dan Drama yang Pernah Dibintangi Kim Mi Soo Sebelum Meninggal

Orang-orang dengan pediophobia mengalami ketakutan untuk berinteraksi dengan boneka atau benda mati yang menyerupai manusia.

Biasanya orang-orang dengan fobia ini memiliki ciri khas gejalanya sendiri-sendiri. Hal tersebut akan tergantung pada setiap orang.

Namun beberapa gejala pasti seperti panik, gemetar, detak jantung berdetak kencang, mual hingga pusing adalah beberapa gejala yang dilansir dari laman Very Well Health.

Untuk mengatasi ketakutan atau fobia ini bisa dilakukan dengan psikoterapi yang menggabungkan terapi dan pengobatan yang efektif dalam mengatasi rasa takut atau fobia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News