Bugar

Luar Biasa! Ini Fakta Tentang Air Mata yang Perlu Anda Ketahui

Luar Biasa! Ini Fakta Tentang Air Mata yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Air mata berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Meski tidak banyak yang tahu, air mata terdiri atas berbagai lapisan dan jenis serta fungsi yang berbeda-beda. 

Air mata dihasilkan oleh kelenjar lakrimal yang berada di kelopak mata bagian atas. Selain untuk meluapkan emosi, air mata juga berperan dalam melembapkan dan menutrisi mata.

Dengan air mata, permukaan mata akan tetap lembap dan terlindungi dari kerusakan, misalnya akibat mata kering dan iritasi.

Selain itu, dilansir dari Healthline ada beberapa fakta tentang air mata yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Meski Pahit, Ini Manfaat Pare yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Membersihkan mata dari debu dan kotoran

Fakta tentang air mata yang pertama bisa membersihkan mata dari debu dan kotoran yang masuk ke mata. Air mata punya fungsi dan manfaat yang berbeda-beda.

Ada cairan refleks atau reflex tears yang biasanya akan keluar saat tiba-tiba ada debu, kotoran, asap, maupun benda asing lainnya yang masuk ke mata.

Melindungi mata dari bakteri

Fakta tentang air mata yang kedua bisa melindungi mata dari bakteri. Mata merupakan salah satu organ tubuh yang cukup sensitif, termasuk oleh bakteri. Air mata punya manfaat sebagai pembunuh bakteri yang masuk ke dalam mata.

Mengurangi stres

Fakta tentang air mata yang ketiga bisa membantu mengurangi stres. Menangis adalah salah satu cara mengkomunikasikan perasaan, selain juga untuk mengekspresikan emosi.

Saat Anda sedang emosi atau stres, Anda akan menangis. Saat inilah air mata emosional Anda keluar. Setelah menangis, Anda akan merasa lebih tenang.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Buah Mangga yang Wajib Diketahui

Melindungi mata dari infeksi

Fakta tentang air mata yang selanjutnya bisa melindungi mata dari infeksi. Air mata basal adalah jenis air mata yang berfungsi untuk melindungi dan melumasi mata.

Air mata jenis ini biasanya diproduksi setiap hari oleh kelenjar lakrimal, sehingga membuat mata tetap terjaga kelembapannya dan terhindar dari infeksi mata.

Menjaga kelembapan hidung

Selain berguna bagi mata itu sendiri, cairan di mata juga punya manfaat baik untuk organ tubuh lainnya, seperti hidung.

Air mata yang tertampung di dalam mata nantinya akan mengalir masuk ke dalam saluran nasolakrimalis dan masuk, mengalir, dan sampai ke hidung, ia akan menjaga hidung agar senantiasa tetap lembap dan bebas dari bakteri.

Itulah beberapa fakta tentang air mata yang perlu Anda ketahui. Mengingat fungsi air mata begitu penting dalam menjaga kesehatan mata, Anda perlu menjaga produksi air mata tetap baik.

Oleh karena itu, bila mata terasa kering, Anda disarankan menggunakan obat tetes air mata buatan untuk melembapkan mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News