Meski Pahit, Ini Manfaat Pare yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:20 WIB
Meski Pahit, Ini Manfaat Pare yang Baik untuk Kesehatan Tubuh


MOMSMONEY.ID - Pare adalah salah satu jenis sayur yang sering menjadi pelengkap saat menikmati siomai. Rasa pare yang pahit membuat banyak orang mungkin tidak menyukainya.  

Namun, di balik rasa kurang enak tersebut, pare nyatanya termasuk bahan makanan yang kandungan gizinya tergolong tinggi. 

Pare atau Momordica Charantia merupakan jenis tanaman merambat yang buahnya sering dimanfaatkan sebagai bahan pangan atau pengobatan.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat pare untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Ini Dia 5 Fakta Unik Tentang Kehamilan Ini

Menurunkan berat badan

Manfaat makan pare dapat membantu menurunkan berat badan. Selain memiliki kalori yang rendah, pare memiliki serat yang membantu Anda tetap merasa kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian terbitan Nutrition Journal mendapati bahwa pare mampu meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi kadar lemak di perut.  

Menjaga kesehatan mata

Pare mengandung senyawa flavonoid, seperti alfakaroten, betakaroten, lutein, dan zeaxanthin yang bisa membantu meningkatkan kesehatan mata Anda.

Kandungan lain pada pare juga dapat mencegah katarak dan glaukoma yang disebabkan oleh komplikasi diabetes, dikutip dari Healthline.

Mengurangi kolesterol

Menurut beberapa riset awal, pare ditemukan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida. Hal ini dipaparkan dalam penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences.  

Baca Juga: Pasangan Kehilangan Gairah Seks? Coba Lakukan 4 Hal Ini untuk Meningkatkan Libido Pri

Mengendalikan gula darah

Pare memiliki kandungan magnesium yang berfungsi untuk memaksimalkan kerja hormon insulin. Dikutip dari World Journal of Diabetes, kondisi diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan kekurangan magnesium dalam tubuh.  

Meredakan asma dan gangguan pernapasan lainnya

Dalam pengobatan tradisional, jus dari pare juga digunakan untuk mengobati kondisi pernapasan tertentu, seperti batuk kering, bronkitis, dan asma selama ratusan tahun. 

Pare memiliki sifat antihistamin, anti-inflamasi, dan antivirus yang membuat pare menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan. 

Berikut ini merupakan sedikit manfaat dan kandungan nutrisi yang ada dalam pare yang bisa Anda rasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER