HOME, Santai

Libur Lebaran ke Solo, Ini 5 Tempat Wisata yang Menarik Disambangi

Libur Lebaran ke Solo, Ini 5 Tempat Wisata yang Menarik Disambangi

MOMSMONEY.ID - Anda sedang berlibur di Solo, Jawa Tengah? Berikut ini sejumlah tempat wisata di Solo, Jawa Tengah yang bisa disambangi selama libur Lebaran 2022.

Mulai dari Kebun Binatang Jurug, Museum Keris Nusantara, Pusat Grosir Solo, Pasar Klewer Solo, hingga Museum Lokananta.

Selengkapnya, inilah 5 tempat wisata yang bisa dikunjungi saat Anda berada di Solo, Jawa tengah:

1. Kebun Binatang Jurug 

Kebun Binatang Jurug atau yang dikenal dengan Taman Satwa Taru Jurug Surakarta adalah kebun binatang yang berada di Jalan Ir. Sutami Nomor 109, Jebres, Surakarta. 

Menurut sejarahnya, kebun binatang ini adalah pindahan dari Kebun Binatang Sriwedari. Dikutip dari Kompas.com 29 September 2021, Taman Satwa Taru Jurug didirikan oleh Sri Susuhan Paku Buwono X. Kebun binatang ini adalah kebun binatang tertua yang didirikan pada 17 Juli 1901 dan memiliki setidaknya 404 ekor satwa dari 77 jenis spesies. 

Baca Juga: Libur Lebaran, Ini 5 Kampung Tematik di Kota Malang yang Menarik Dikunjungi!

2. Museum Keris Nusantara 

Museum Keris Nusantara adalah museum keris yang dibangun sejak tahun 2013 dan resmi dibuka untuk umum pada tanggal 9 Agustus 2017. Museum Keris Nusantara berada di Jalan Bhayangkara Nomor 2 Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Surakarta. 

Dikutip dari Kompas.com 13 Februari 2022, Museum Keris Nusantara memiliki sekitar 409 koleksi keris dengan berbagai jenis dan ukuran. Keris-keris tersebut memiliki jenis beragam termasuk dari jenis usianya. 

Jam buka Museum Keris Nusantara: Selasa-Kamis buka 08.30-15.00 WIB. Jumat buka 08.30-11.30 WIB. Sabtu-Minggu buka 08.30-15.00 WIB.

3. Pusat Grosir Solo 

Pusat Grosir Solo merupakan pusat wisata belanja yang ada di Kota Solo yang menawarkan harga grosir. Biasanya pengunjung datang ke Pusat Grosir Solo untuk berbelanja aneka rupa barang seperti baju, sepatu, tas, dan sebagainya. 

Pusat Grosir Solo berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo Nomor 1, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta. 

Baca Juga: Libur Lebaran ke Kebun Binatang Ragunan, Begini Cara Pesan Tiketnya!

4. Pasar Klewer Solo 

Pasar Klewer Solo merupakan pasar yang sering digunakan para wisatawan untuk berbelanja oleh-oleh khas Solo. Pasar Klewer Solo berlokasi di Jalan DR. Radjiman No. 5A, Gajahan, Ps. Kliwon, Kota Surakarta.

Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Pasar Klewer Solo, di antaranya adalah berbelanja berbagai barang seperti pakaian-pakaian batik, tas-tas unik, dan cindera mata lain. 

Selain itu, pengunjung bisa juga menikmati ragam kuliner khas yang ada di lantai 3 pasar seperti Selat Solo, atau Dawet Selasih. 

5. Museum Lokananta 

Lokananta Solo adalah museum yang ada di aerah Kerten, Laweyan Surakarta. Museum Lokananta dulunya merupakan perusahaan musik pertama di Indonesia. Pendirian Lokananta dipelopori oleh Oetojo Soemowidjojo dan Raden Ngabehi Soegoto Soerjodipoero pada 29 Oktober 1956. Nama Lokananta digagas oleh Raden Maladi yang berarti gamelan dari Khayangan bersuara merdu. 

Tempat ini pernah menjadi tempat rekaman beberapa musisi legenda Indonesia seperti Gesang, Waldjinah, Titiek Puspa dan masih banyak lagi. Museum ini juga menyimpan banyak koleksi piringan hitam termasuk master lagu Indonesia Raya dengan berbagai stanza.  

Baca Juga: Libur Lebaran ke Bandung, Ini Tempat Wisata yang Cocok untuk Keluarga

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran ke Solo"

Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Rizal Setyo Nugroho

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News