Keluarga

Lemas Selama Berpuasa? Konsumsi 7 Makanan yang Bantu Pulihkan Energi

Lemas Selama Berpuasa? Konsumsi 7 Makanan yang Bantu Pulihkan Energi

MOMSMONEY.ID - Sering lemas selama berpuasa? Anda harus mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bantu pulihkan energi secara cepat ketika berbuka & sahur.

Beberapa makanan berikut ini sangat cocok dikonsumsi selama berpuasa karena dapat membantu pulihkan energi dalam waktu super cepat, sehingga Anda tak lagi lemas & dapat beraktivitas seperti biasa.

Melansir dari Times of India dan Greatist, simak artikel berikut ini!

Baca Juga: Rekomendasi 7 Jenis Minuman Terbaik Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang saat Puasa

Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis makanan yang bantu pulihkan energi dalam waktu super cepat.

Alpukat kaya akan lemak baik, serat, dan vitamin B. Sebanyak 85% lemak dalam alpukat dapat meningkatkan kadar lemak darah yang sehat sehingga membantu meningkatkan penyerapan nutrisi.

Sementara 80% kandungan karbohidrat dalam alpukat dari serat membantu pulihkan energi yang hilang.

Ikan laut

Salmon

Baca Juga: 5 Tips Jaga Berat Badan Saat Bulan Puasa, Salah Satunya Kurangi Makan Gorengan

Ikan laut adalah ikan yang punya banyak manfaat, salah satunya menjadi makanan yang bisa bantu pulihkan energi secara efektif untuk tubuh.

Dalam sebuah artikel dari Harvard School of Public Health yang dilansir dari Intergris Health mengatakan bahwa ikan laut merupakan sumber utama lemak Omega-3, vitamin D, dan selenium.

Ada juga bukti kuat bahwa mengonsumsi ikan laut atau minyak ikan baik untuk jantung dan pembuluh darah. Selain meningkatkan energi, makan ikan sekali atau dua kali selama seminggu juga dapat mengurangi risiko stroke, depresi, penyakit Alzheimer, dan penyakit kronis lainnya.

Telur rebus

Jika anda merasa lemas dan kelelahan selama berpuasa, kembali pulihkan energi yang telah hilang hanya dengan mengonsumsi 1-2 butir telur rebus.

Kandungan protein dan lemak sehat dalam telur utuh dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini cara yang baik untuk menghindari kemerosotan energi saat gula darah menurun.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Biskuit Kaleng Khas Lebaran untuk Parsel Hari Raya

Almond

Lemas Selama Berpuasa

Almond adalah makanan yang bantu pulihkan energi secara efektif saat sedang kelelahan. Ini disebabkan almond padat akan kalori, sehingga makan sedikit sudah membuat perut terasa kenyang.

Menurut penelitian yang dilakukan University of California Merced yang dilansir dari Greatist, mereka yang menyantap almond sebagai camilan pagi dan melewatkan sarapan menunjukkan kadar HDL (kolesterol baik) yang lebih tinggi sehingga mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatur darah.

Segenggam almond punya seporsi nutrisi yang sempurna setiap kali Anda merasa lemas.

Baca Juga: 9 Makanan yang Menghidrasi Tubuh saat Puasa, Punya Kandungan Air yang Tinggi

Pisang

Pisang telah lama digunakan sebagai makanan yang bantu pulihkan energi sekaligus pengganjal perut saat tengah kelaparan.

Dalam sebuah studi kecil tahun 2012 yang dilansir dari greatist, para peneliti menemukan bahwa kandungan pisang sama baiknya dengan minuman olahraga.

Inilah mengapa pisang biasa digunakan sebagai pengisi energi untuk para atlet saat sedang kelelahan, agar energi dalam tubuh dapat kembali meningkat.

Teh hijau

Bukan rahasia lagi jika teh hijau memiliki 1000 khasiat bagi tubuh, salah satunya dapat bantu pulihkan energi secara cepat saat sedang kelelahan.

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kekuatan otak serta memberi energi tanpa adanya rasa gelisah. Ini karena teh hijau mengandung kafein & teanin.

Menyeduh secangkir teh hijau panas dapat kembali meningkatkan energi tubuhmu saat sedang kelelahan.

Baca Juga: Anti Loyo, Ini 7 Cara biar Tubuh Tetap Terhidrasi saat Puasa di Bulan Ramadan

Nasi merah

Makanan yang bantu pulihkan energi salah satunya nasi merah. Nasi merah dinilai memiliki kandungan gizi lebih baik daripada nasi putih.

Nasi merah mengandung lebih banyak nutrisi yang bisa dipecah menjadi energi dalam jumlah lebih banyak daripada nasi putih.

Indeks glikemik nasi merah juga rendah, artinya dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan tingkat energi yang stabil sepanjang hari.

Itulah sederet makanan yang bantu pulihkan energi dalam waktu cepat. Makanan-makanan di atas sangat cocok dikonsumsi selama berbuka puasa & sahur agar Anda tak lemas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News