Keluarga

9 Makanan yang Menghidrasi Tubuh saat Puasa, Punya Kandungan Air yang Tinggi

9 Makanan yang Menghidrasi Tubuh saat Puasa, Punya Kandungan Air yang Tinggi

MOMSMONEY.ID - Sering lemas saat puasa? Itu tandanya Anda mengalami gejala dehidrasi. Cegah gejalanya dengan mengonsumsi minuman dan makanan yang menghidrasi tubuh, berikut ini.

Berpuasa seharian di bulan Ramadan membuat tubuh kekurangan cairan. Akibatnya, tubuh terkena gejala  dehidrasi. Jika dibiarkan, maka ada banyak risiko kesehatan mulai dari pusing, lemas, hingga infeksi saluran kencing.

Untuk mencegahnya, MomsMoney merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang memiliki kandungan air yang tinggi guna menghidrasi tubuh.

Melansir dari Healthline, Savoir Flair, dan Miss Malini, intip daftar-daftar makanan berikut:

Baca Juga: Produksi ASI Berkurang Saat Puasa di Bulan Ramadan, Mitos atau Fakta?

Minuman isotonik

Pocari Sweat, minuman isotonik

Minuman isotonik sangat membantu tubuh mengisi kekurangan cairan akibat puasa. Sebab minuman ini mengandung berbagai nutrisi (seperti magnesium, kalium, hingga sodium) yang dapat mempercepat proses hidrasi tubuh.

Kecepatan minuman isotonik dalam menghidrasi tubuh dinilai sangat efektif dibandingkan air mineral biasa.

Itulah sebabnya banyak professional yang menyarankan meminum minuman isotonik saat sedang dilanda gejala dehidrasi.

Baca Juga: Pilih Kentang yang Bagus, Ikuti 6 Cara Menyimpan Kentang agar Tak Mudah Busuk

Semangka

Semangka adalah salah satu jenis makanan yang menghidrasi tubuh saat puasa. Semangka mengandung 98% air.

Dalam 154 gram semangka, 118 ml di antaranya merupakan air yang mengandung serat, magnesium, vitamin A & C.

Semangka juga kaya akan antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada sel sehingga mengurangi risiko penyakit jantung & diabetes.

Jangan lupa selalu mengonsumsi semangka setiap hari agar tubuh terhidrasi oleh kandungan air di dalamnya.

Baca Juga: Resep Nasi Uduk Lengkap Isi Ayam, Tahu, Tempe, dan Sambal Kacang

Selada

Mulai saat ini, selada wajib dihidangkan pada menu sahur & buka puasa Anda. Sebab, selada adalah makanan yang menghidrasi tubuh saat puasa & mencegah Anda dari rasa lemas akibat dehidrasi.

Selada mengandung air sebanyak 96%. Dalam 1 cangkir selada (ukuran 72 gram), sebanyak 59 ml di antaranya mengandung air.

Selada menyediakan beberapa nutrisi penting seperti folat, vitamin A & K, serat, dan kandungan air yang tinggi yang mampu membantu Anda tetap terhidrasi.

Selain selada, sayuran hijau lainnya seperti bayam, kubis, dan brokoli juga mengandung air sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang berpuasa.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Ikuti 7 Cara Tetap Sehat Selama Berpuasa Sebulan Penuh

Stroberi

Stroberi

Stroberi juga dapat menghidrasi tubuh karena memiliki kandungan air yang tinggi.

Sekitar 91% dari berat stroberi mengandung air. Memakan stroberi artinya berkontribusi pada asupan air harian Anda, terlebih jika Anda jarang minum air putih.

Stroberi juga mengandung berbagai nutrisi seperti antioksidan, serat, folat, mangan, dan vitamin C.

Menurut penelitian yang dilansir dari Healthline, makan stroberi secara teratur telah terbukti dapat mengurangi peradangan, penyakit jantung, Alzheimer, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

Baca Juga: Tak Hanya Garam, Ini 6 Bahan Pengawet Alami Makanan yang Jarang Diketahui

Mentimun

Mentimun bisa jadi salah satu makanan yang mampu menghidrasi tubuh. Pasalnya, mentimun mengandung air sebanyak 95%.

Mentimun bisa ditambahkan pada berbagai hidangan. Sebab mentimun mengandung kalori yang rendah dan dapat menjaga berat badan Anda.

Aspek rendah kalori serta mengandung tinggi air pada mentimun merupakan aspek super yang mampu menghidrasi tubuh.

Tomat

Tomat selalu dihidangkan sebagai garnish di berbagai menu restoran. Selain sebagai hiasan, penyajian ini juga difungsikan agar tenggorokan tidak kering saat makan, karena tomat mengandung banyak air.

Tomat mengandung 94,5% air di dalamnya. Inilah mengapa tomat merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menghidrasi tubuh saat puasa.

Dalam 1 buah tomat ukuran sedang, air yang terkandung sebanyak 118 ml. Jumlah ini termasuk yang sangat banyak dibandingkan makanan pada umumnya.

Anda bisa mengombinasikan berbagai jenis makanan dengan tomat agar tubuh tetap terhidrasi tanpa harus kekurangan cairan.

Baca Juga: Kenalkan Puasa Sejak Dini, Ikuti 7 Cara Ajarkan Anak Berpuasa

Jeruk

Jus jeruk

Jeruk juga mampu menghidrasi tubuh saat tubuh saat puasa. Jeruk mengandung 88% air yang menyehatkan karena mengandung vitamin C dan kalium dalam kadar tinggi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Makan jeruk secara teratur dapat melindungi tubuh dari batu ginjal. Ini karena jeruk mengandung asam sitrat yang mampu mengikat kalsium oksalat pembentuk batu.

Baca Juga: Rekomendasi Waktu Terbaik Berolahraga Saat Puasa di Bulan Ramadan, Menurut Pakar

Zukini

Zukini mengandung 94% air yang mampu menghidrasi tubuh saat sedang kekurangan air akibat berpuasa seharian.

Zukini juga baik untuk diet karena dalam 1 cangkir yang setara 124 gram zukini, 35% di antaranya mampu memenuhi kebutuhan gizi vitamin C harian yang tentu dibutuhkan tubuh.

Susu skim

Susu adalah salah satu minuman yang cocok dikonsumsi saat puasa. Sebab susu dapat menghidrasi tubuh saat tubuh dilanda dehidrasi akibat puasa.

Susu skim mengandung 91% air dan berbagai kandungan seperti fosfor, kalium, vitamin A dan B12, kalsium, serta riboflavin.

Penelitian membuktikan bahwa susu skim membantu Anda lebih terhidrasi dibandingkan air mineral biasa karena mengandung elektrolit dan protein.

Demikian sederet makanan dan minuman yang menghidrasi tubuh saat puasa. Konsumsi aneka makanan di atas agar tubuhmu tak dehidrasi selama berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News