HOME, Bugar

Konsumsi Buah Apel sejak Sekarang! Bisa Bantu Mengatasi 5 Penyakit Ini

Konsumsi Buah Apel sejak Sekarang! Bisa Bantu Mengatasi 5 Penyakit Ini

MOMSMONEY.ID - Apel merupakan buah favorit banyak orang. Buah yang berwarna merah dan hijau ini mempunyai rasa yang manis dan gurih.

Selain itu, ternyata buah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan mampu untuk menangkal atau mencegah berbagai jenis penyakit.

Buah apel memberikan dampak baik pada tubuh mulai dari kulit hingga dagingnya. Anda dapat merasakan tubuh menjadi lebih sehat setelah mengonsumsi apel secara rutin.

Apel kaya akan kandungan antioksidan, flavonoid, dan serat makanan. Kandungan tersebut membantu untuk mengurangi risiko kanker, diabetes, hingga jantung, seperti dikutip dari Mayo Clinic.

Baca Juga: 5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Penyakit Asam Lambung

Dirangkum dari Healthline dan WebMD, berikut ini beberapa manfaat apel yang dikonsumsi rutin:

1. Membantu mengatasi asma

Sebuah penelitian besar menemukan bahwa mereka yang banyak makan apel memiliki risiko yang rendah untuk terkena asma.

Hal itu karena buah ini mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa membantu mengatur respons imun dan melindungi dari asma.

2. Mencegah kanker

Manfaat buah apel lainnya yaitu mencegah kanker menyerang tubuh. Apel bisamencegah pertumbuhan kanker, khususnya kanker payudara, paru-paru, lambung, dan usus besar.

Selain itu, seseorang yang rutin mengonsumsi buah ini juga dapat terlindungi dari kanker usus dan perut. 

3. Melawan alzheimer

Salah satu manfaat apel yang dapat dirasakan adalah mampu melawan alzheimer yang dapat mengganggu kemampuan kognitif seseorang.

Kandungan quercetin pada apel adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel otak dari demensia pada hari tua. Selain itu, apel juga melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif.

Baca Juga: Inilah Makanan yang Membantu Meningkatkan Hemoglobin

4. Menurunkan risiko stroke

Disebutkan apabila salah satu khasiat dari buah apel adalah menurunkan risiko seseorang mengalami stroke.

Seseorang yang mengonsumsi 200 gram buah yang kaya serat, termasuk apel, dapat menurunkan risiko terhadap stroke sebesar 32 persen.

Buah ini juga mampu menurunkan kolesterol dan mengatur tekanan darah tetap normal yang menyebabkan stroke jika mengalami gangguan.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat buah apel lainnya adalah mengurangi risiko terserang penyakit jantung. Seseorang yang secara rutin mengonsumsi buah ini dapat menimbulkan dampak baik bagi jantungnya.

Hal ini terjadi karena buah apel mengurangi sumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri. Apel juga mencegah kolesterol menumpuk pada lapisan dinding pembuluh darah.

Manfaat apel bagi kesehatan tubuh ternyata dapat membantu mencegah timbulnya berbagai penyakit. Terlebih lagi, kandungan serat larutnya dapat menurunkan berat badan dan menyehatkan usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News